Jumat, Februari 19, 2021

Chatbot : Apa dan Untuk Apa?


Chatbot : Apa dan Untuk Apa? - Menyenangkan rasanya jika mempunyai sebuah usaha online yang memiliki banyak pelanggan. Dengan banyaknya pelanggan maka bisa diartikan akan tinggi pula permintaan barang atau orderan atas barang yang dijual. Mungkin disini ada sahabat Kangagos yang telah sukses di bisnis online? Selamat ya dan bagi yang masih merintis usaha online, Kangagos doakan agar segera bisa berkembang dan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Aamiin.

Di jaman yang serba canggih ini, orderan dari transaksi online bisa datang dari mana saja, seperti dari blog atau website, aplikasi messenger, marketplace, email dan lain sebagainya. Tak jarang banyak pertanyaan yang diajukan oleh calon pembeli sebelum closing order. Jadi kalau dalam sehari banyak pertanyaan yang masuk dan harus secepatnya dibalas, rasanya cukup merepotkan ya bor.

Biasanya solusinya sih menambah karyawan untuk membantu membalas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh calon buyer. Namun alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan teknologi kekinian yaitu asisten virtual chatbot.


Chatbot Adalah...

Chatbot ini layaknya robot virtual yang mampu mensimulasikan percakapan seperti halnya manusia karena menggunakan sebuah program komputer dan berbasis AI (Artificial Intelligence). Dengan demikian teknologi chatbot ini bisa juga disebut sebagai asisten digital karena mampu "mewakili" manusia dalam memproses sebuah permintaan pengguna, menyediakan informasi dan menyuguhkan jawaban yang relevan dengan waktu yang cepat.

Mungkin karena ini adalah robot internet, jadi ditambahkan embel-embel bot setelah kata chat ya bor. Kecanggihan teknologi chatbot ini bisa implementasikan di banyak platform seperti pada website atau pada aplikasi seperti WhatsApp, Facebook dan lainnya. Pada perkebangannya, chatbot ini mampu menirukan percakapan manusia baik dalam bentuk teks dan juga suara.