Kamis, Mei 27, 2021

Selamat Menikmati Jaringan 5G di Indonesia


Kabar gembira nih terutama bagi kamu yang selama ini mendamba adanya jaringan 5G di Indonesia. Juga buat kamu pengguna smartphone yang sudah support 5G, sekarang saatnya untuk merasakan pengalaman berbeda dan memaksimalkan fitur unggulan smartphone milikmu.

Dalam benak kita, internet pada jaringan 5G ini tentu akan semakin cepat dibandingkan dengan sebelumnya seperti edge, 3G dan 4G. Anggapan tersebut tidaklah salah karena teknologi terbaru yang bernama 5G ini adalah sebuah terobosan yang akan mampu meningkatkan transmisi data dan juga pertukaran data.

Jadi, data tersebut akan dikirimkan melalui gelombang radio yang akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda sesuai dengan peruntukannya misalnya untuk mobile data atau siaran tv. Silahkan baca juga layanan Veronika Telkomsel.



Secara umum, jaringan 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan, mengurangi latensi, dan meningkatkan fleksibilitas layanan nirkabel. Jaringan 5G juga akan menyederhanakan mobilitas, dengan kemampuan roaming terbuka tanpa batas antara akses seluler dan Wi-Fi. Silahkan baca juga harga paket 5G Telkomsel


Apa Sih keuntungan teknologi 5G bagi pengguna?

Teknologi 5G menawarkan kecepatan jaringan yang ditingkatkan dan juga pengalaman baru bagi pengguna untuk menuju era baru kinerja. Misalnya saja dalam bidang kesehatan, teknologi 5G dan konektivitas Wi-Fi 6 akan memungkinkan pasien dipantau melalui perangkat terhubung yang terus-menerus mengirimkan data tentang indikator kesehatan utama, seperti detak jantung dan tekanan darah. Baca juga Chatbot : Apa dan Untuk Apa?

Juga dalam bidang industri otomotif, teknologi 5G dapat dikembangkan untuk memberikan informasi tentang lalu lintas, kecelakaan, dan lainnya tentunya masih banyak lagi di bidangbisang lain. Bagi pengguna internet, jaringan 5G dapat memberikan keuntungan seperti :

  • Kemampuan internet berkecepatan tinggi
  • 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G
  • Streaming film dan video tanpa nge-lag dan berkualitas tinggi
  • Cloud gaming dengan latensi rendah
  • Ketersediaan dan kapasitas data besar
  • Kualitas video call lebih lancar dan jernih
  • Terhubung dengan berbagai perangkat ioT
  • Virtual Reality (VR) dan Augmenten Reality (AR)
  • Kecepatan download tinggi

Jaringan 5G di Indonesia

Adalah PT. Telkomsel yang menjadi penyelenggara jaringan 5G pertama di Indonesia yang ditandai dengan diterimanya Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Di tahap awal, Telkomsel akan menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz untuk menyelenggarakan 5G yang bisa digunakan pelanggannya. Telkomsel meluncurkan layanan ini pada 27 Mei 2021 namun masih secara terbatas ya, yaitu di enam lokasi resedensial di Jabodetabek meliputi Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Namun jika kamu berada diluar area tersebut jangan berkecil hati ya, karena untuk daerah lain akan segera menyusul di kota-kota di Indonesia seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Selanjutnya pengembang cover area jaringan 5G akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya.

Telkomsel menggunakan jaringan 5G di Band 40 yang bekerja di frekuensi 2300 MHz (Mid Bands), nah untuk menikmati layanan jaringan 5G ini silahkan cek terlebih dahulu spesifikasi smartphone kalian.