Smartphone Tetap Aman di Musim Penghujan


Smartphone Tetap Aman di Musim Penghujan - Indonesia hanya mengenal dua musim di setiap tahunnya yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Untuk beraktifitas di luar ruangan tentunya lebih enak dan nyaman saat musim kemarau ya bro, meskipun kondisi cuaca biasanya cukup terasa panas.

Berbeda saat musim penghujan tiba, cuaca yang dingin terkadang menjadikan kita malas untuk beraktifitas apalagi di luar ruangan. Namun bagaimanapun kita tidak boleh menyerah dengan cuaca dan tetap menjalankan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita, apapun musimnya. Semisal saja kita yang harus tetap bekerja untuk mengerjakan kewajiban kita meskipun dalam kondisi cuaca panas maupun hujan.

Aksesoris Smartphone di Musim Hujan

Memasuki musim penghujan memang sedikit merepotkan ketika kondisi sedang hujan dan kita harus berkendara dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya. Kalau naik mobil mungkin saja hal ini tidak menjadi persoalan, namun akan berbeda jika menggunakan sepeda motor atau ojol.

Jika hujan tiba-tiba turun saat berkendara, kita bisa berteduh dulu di tempat yang aman dari air hujan namun dengan konsekuensi akan datang telat sampai di kantor. Alternatif lainnya bisa tetap meneruskan perjalanan menuju ke tepat kerja dengan melengkapi diri menggunakan jas hujan agar pakaian dan tubuh tidak basah.

Bagaimana dengan smartphone kita, apakah sudah cukup aman? Belum tentu karena terkadang saking derasnya rinai hujan sebuah jas hujan tidak mampun untuk meindungi tubuh kita secara sempurna. Atau jas hujan yang kondisinya sudah tidak bagus sehingga air hujan bisa mudah masuk untuk membasahai baju dan tubuh kita. Nah jika ini terjadi akan beresiko terhadap smartphone yang mungkin kita kantongi di saku baju atau celana.

Atau bisa saja hujan yang tiba-tiba langsung turun dengan derasnya sehingga kita butuh beberapa waktu untuk menepi dan baru kemudian mengenakan jas hujan. Kalau begini mah bisa jadi smartphone yang ada di saku kantong sudah dalam keadan basah (kuyup). Nah bagaimana agar smartphone tetap aman di musin penghujan? Simak tips yang berikut ini bro :

1. Plastik zip-lock

Untuk melindungi smartphone dari air hujan kita bisa menggunakan plastik zip-lock. Plastik seperti ini mempunyai semacam perekat di bagian atasnya dan biasanya digunakan untuk membungkus obat-obatan. Tentu saja kita harus memilih ukuran yang lebih besar agar smartphone bisa masuk kedalamnya, setelah itu kita rekatkan zip-lock nya.

2. Cover smartphone

Seperti yang digunakan oleh kebanyakan abang-abang ojol untuk melindungi smartphone yaitu cover smartphone. Hampir mirip dengan plastik zip-lock namun cover smartphone ini mempunyai plastik yang lebih tebal namun layar smartphone masih tetap terlihat dengan baik di bahwa rinai hujan.

Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan termasuk juga di toko online, cover smartphone ini adalah solusi yang efektif karena penggunaanya yang mudah dan cukup maksimal dalam melingdungi smartphone dari guyuran air hujan.



3. Tas anti air

Tas anti air atau biasa disebut juga dengan waterproof bag ini bisa mengamankan smartphne kamu dari derasnya air hujan saat memutuskan untuk tetap melaju di tengah hujan. DIpasaran terdapat beragam varian warna dan ukuran, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu ya. Selain smartphone, tas anti air ini juga bisa untuk mengamankan barang-barang lainnya yang terlalu beresiko saat terkena percikan air.

4. Nano coating

Sekarang ini telah banyak varian smartphone yang telah dibekali dengan nano coating dari pabrikannya dengan tujuan agar smartphone tahan terhadap air sehingga aman jika harus terkena percikan air hujan.

Jika smartphone yang kamu miliki belum dibekali dengan fasilitas nano coating, kamu bisa mencoba untuk memberikan sentuhan nano coating sendiri pada samartphone kamu. Mungkin langkah ini agak sedikit merepotkan namun cukup efektif untuk melindungi smartphone dari curah air hujan. Jika kamu tertarik menggunakannya, caranya adalah dengan mengoleskan atau menguapkan cairan nano coating tersebut di permukaan bodi ponsel.

Bagaimana jika smartphone terlanjur terkena air hujan?

Kejadian ini bisa menimpa siapa saja dan cara penanganannya perlu diketahui terutama bagi pemilik smartphone yang belum mengusung nano coating, yaitu :


1. Matikan smartphone

Smartphone dalam kondisi basah sangat berbahaya jika dibiarkan dalam keadaan yang menyala karena bisa dimungkinkan terjadi konflik arus daya yang dapat mengakibatkan rusaknya komponen didalamnya. Oleh karena itu segera matikan smartphone jika terkena air hujan.

2. Segera keringkan

Setelah smartphone dimatikan, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya dengan menggunakan kain halus atau bisa juga menggunakan tisu. Sesekali goyang-goyangkan smartphone (shake) dan kembali mengelapnya. Oiya jangan menggunakan hairdryer ya bro.

3. Lepas Simcar dan memory card

Untuk mencegah terjadinya kerusakan saat smarphone terkena air hujan, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengeluarkan simcard dan juga memory card. Jika smartphone kamu terdapat penutup casing belakang bisa dilepas saja, dan lepaskan baterai jika smartphone menggunakan baterai yang bukan baterai tanam.

Nah bro itulah tadi berbagai cara untuk menjaga agar smartphone tetap aman di musim penghujan, semoga bermanfaat.