Baterai Smartphone Terasa Boros? Ini Solusinya


Baterai Smartphone Terasa Boros? Ini Solusinya - Untuk bisa menyala dan menjalankan fungsinya, sebuah smartphone membutuhkan sumber daya yaitu sebuah baterai sebagai sumber tenaganya. Semakin besar kapasitas baterai yang dimiliki oleh sebuah smartphone maka masa penggunaan smartphone tersebut dalam menjalankan fungsinya akan lebih lama.

Tentu akan terasa sangat mengganggu apabila baterai smartphone terasa cepat sekali habisnya, padahal lagi seru-serunya bermain game, mengejakan tugas sekolah atau pekerjaan, browsing dan yang lainnya. Kamu pernah merasakan hal yang demikian bro?

Eh tapi bro, pada smartphone keluaran terbaru rata-rata sudah dibekali kapasitas baterai yang cukup mumpuni agar bisa meningkatkan produktifitas dan dapat menemani berbagai aktifitas yang dilakukan oleh pemiliknya.

Semisal saja kapasitas baterai yang dimiliki oleh Redmi 8 adalah 5000mAh yang terasa cukup untuk beraktifitas seharian baik untuk browsing, bersosial media, bermain game, dan lainnya. Untuk aktifitas yang lumayan padat setidaknya perlu diisi ulang dua hari sekali saja. Cukup lumayan membantu lah ya.

Namun jika ingin baterai smartphone kamu awet dan tidak cepat habis, apalagi sedang beraktifitas di outdoor tanpa ada colokan charging dan tidak membawa powerbank, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk hal tersebut.

Tips Agar Baterai Smartphone Awet

Jika sedang beraktifitas di luar ruangan atau dalam sebuah perjalanan, kadang kala kita merasa was-was akan kehabisan daya baterai pada smartphone. Apalagi tidak adanya fasilitas untuk mengisi ulangnya kembali dan mau tidak mau kita harus menghemat daya baterai tersebut agar tidak menemui kendala saat beraktifitas.

Nah agar baterai smartphone kamu bisa menjadi lebih awet dan tidak boros, bisa dengan mencoba beberapa hal di bawah ini yaitu :

1. Matikan GPS

Nah ini terkadang kelupaan untuk meatikan fitur GPS setelah mungkin sebelumnya memesan jasa ojek melalui aplikasi online atau menggunakan fitur map, dan ini menjadi salah satu faktor penyebab baterai smartphone manjadi cepat habis.

Untuk itu sebaiknya matikan saja fitur GPS jika memang tidak sedang digunakan. Untuk mematikannya bisa dengan cara manual yaitu dengan memilih menu untuk mematikan fitur GPS atau juga bisa dengan cara lain yaitu mematikan izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukannya sepanjang waktu.

2.Matikan mode getar

Fungsi mode getar adalah untuk membantu kita agar mudah mengetahui manakala terjadi panggilan telepon, pesan masuk, atau notifikasi lainnya saat kita tidak memegang smartphone. Namun mode getar ini juga membutuhkan tenaga baterai sehingga dapat mengurangi lama penggunaan daya baterai. Oleh karena itu sebaiknya menonaktifkan saja mode getar ini, terlebih pada saat kita menggemgamnya.

3. Turunkan kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat membantu kita dalam melihat layar smartphone pada saat berada pada ruangan terbuka atau pada suatu tempat yang kaya akan cahaya. Namun hal ini dapat menguras tenaga baterai yang ada. Untuk itu sebaiknya tetap menurunkan kecerahan layar namun kita tetap merasa nyaman, atau menggunakan fitur otomatis dalam pengaturan kecerahan layar ini.


4. Periksa pengunaan baterai

Di menu pengaturan smartphone kita bisa melihat aplikasi-aplikasi mana saja yang banyak menyedot tenaga baterai sehingga menjadikan baterai cepat habis. Biasanya aplikasi-aplikasi ini bekerja terus menerus di belakang layar, yang artinya tidak sedang aktif kita gunakan. Fungsinya sih salah satunya untuk memperbarui notifikasi sehingga selalu update. Aplikasi ini seperti pada aplikasi Twitter, Facebook dan Instagram. Untuk menghemat baterai smartphone kamu bisa dengan cara mengurangi penggunaan alikasi tersebut dan atau mematikan notifikasinya.

5. Kurangi penggunaan kamera

Mengabadikan setiap momen yang terjadi memang sangat menyenangkan, terlebih momen-momen spesial atau langka. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan kamera baik untuk foto dan juga video dapat menyedot daya baterai sehingga akan cepat habis. Oleh karena itu untuk menghematnya kamu bisa mengurangi penggunaan kamera smartphone.

6. Matikan unduhan otomatis

Adanya fitur unduhan otomatis memang dapat mengurangi kerjaan kita dalam hal update aplikasi-aplikasi secara otomatis tanpa mengerjakannya satu per satu. Namun hal ini dapat menyebabkan berkurangnya tenaga baterai smartphone juga lho. Untuk menghemat daya baterai bisa dengan cara menonaktifkan unduhan otomatis ini ya bro.

Bagi pengguna Android bisa dengan cara buka pengaturan di Play Store, dan ketuk pada aplikasi Perbarui otomatis. Di sini kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pembaruan otomatis, atau juga dapat memilih untuk hanya melakukan pembaruan otomatis melalui Wi-Fi.

7. Batasi penggunaan aplikasi di latar belakang

Tanpa disadari ternyata ada aplikas-aplikasi yang tetap berjalan meskipun kita telah menutupnya atau bahkan tidak membukanya, dan hal ini juga dapat menguras isi baterai smartphone kita. Aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di background atau latar belakang.

Untuk itu agar baterai smartphone bisa menjadi awet dan tidak cepat habis adalah dengan cara membatasi aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika kamu tertarik untuk melakukan hal ini, caranya adalah buka menu Notifikasi > Aplikasi dan Notifikasi > Lanjutan > Baterai > Pembatasan latar belakang.

Selain itu ada baiknya jika aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan atau tidak diperlukan dihapus saja. Selain dapat menambah ruang memori juga dapat memperpanjang waktu pemakaian daya baterai.

8. Aktifkan fitur dark mode

Salah satu fitur kekinian yang digandrungi adalah fitur dark mode. Nah fitur ini juga bisa membantu untuk memperpanjang daya baterai lho. Selain itu fitur dark mode ini juga bisa memberikan kenyamanan ekstra bagi mata.

Pada smartphone dengan layar OLED, fitur ini akan dapat bekerja dengan sangat baik. Hal tersebut karena layar OLED akan menonaktifkan piksel secara individual dan memungkinkannya untuk mengonsumsi lebih sedikit daya. Untuk aplikasi yang mendukung fitur dark mode antara lain yaitu Instagram, WhatsApp dan Twitter.

Meskipun smartphone di jaman sekarang sudah banyak yang support fast charging sehingga membuat aktifitas mengisi ulang daya baterai menjadi lebih cepat, namun tidak ada salahnya juga jika kita bisa menghemat penggunaan daya baterai smartphone. Semoga bermanfaat.