Rabu, Desember 02, 2020

Mengintip Spesifikasi Redmi Note 9 Pro 5G


Redmi Note 9 Pro 5G secara resmi telah diluncurkan oleh Xiaomi dan sudah mulai dipasarkan ke beberapa negara bersamaan dengan seri lainnya yaitu Redmi Note 9 5G, dan Redmi Note 9 4G.

Mungkin salah satu hal yang bisa menarik perhatian di sini adalah adanya embel-embel 5G meskipun di sini belum diterapkan alias masih menggunakan 4G. Namun boleh juga jika Redmi Note 9 Pro 5G ini menjadi gadget incaran kamu.

Redmi Note 9 Pro 5G

Xiaomi dikenal sebagai pebrikan smartphone yang membekali produknya dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Seperti pada produk Redmi Note 9 Pro 5G ini yang sudah dibekali dengan fitur layar 6,67 inci dengan mengusung resolusi full-HD (2.400×1.080 piksel) serta kecepatan refresh mencapai 120Hz. Ini merupakan tampilan adaptif yang menawarkan 6 kecepatan refresh yang berbeda mulai dari 30Hz hingga 120Hz. Pada bagian depan dan belakang smartphone ini telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.


Redmi Note 9 Pro 5G ini berjalan pada Android 10 yang didukung oleh MIUI 12 dan di sektor dapur pacu menggunakan Snapdragon 750G SoC. Prosesor ini dipadukan dengan Adreno 619 untuk keperluan grafisnya. Chipset prosesor dan modem X52 inilah yang menjalankan fungsi 5G. Sedangkan pada penyimpanannya menggunakan UFS 2.2, yang di klaim oleh Xiaomi dua kali lebih cepat dari UFS 2.1 yang digunakan pada generasi sebelumnya. Redmi Note 9 Pro memiliki dua varian yaitu 6/128GB dan 8/256GB.

Kamera

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G ini tampil lebih menarik dengan kamera yang menggoda karena modul utama dibuat dengan ISOCELL HM2 1/1,52 inci, sensor berkekuatan 108MP generasi ketiga dari Samsung. Meskipun lebih kecil dari HM1 yang digunakan di S20 Ultra (1/1,33”), sensor tersebut telah mendukung teknologi 9-in-1 pixel binning.

Untuk tiga sensor kamera pedukung lainnya adalah terdapat sensor 8MP ultra-wide, 2MP macro dan 2MP depth sensor, sedangkan untuk kamera depan menggunakan sensor 16MP untuk keperluan foto selfie. Oiya untuk sensor utama yang beresolusi tinggi ini dapat melakukan zoom digital lossless hingga 3x lho.

Mengkombinasikan dengan teknologi Dual Native ISO dan mode malam versi baru, smartphone ini diklaim bisa hasilkan foto low-light terbaik di kelasnya dan kualitas gambar yang jauh lebih baik dalam gelap.

Untuk urusan daya dipercayakan pada kemampuan kapasitas baterai 4,820 mAh, sedikit dibawah kapasitas baterai milik Redmi 8, namun baterai pada Redmi Note 9 Pro 5G ini dapat diisi dari posisi kosong hingga penuh kurang dari satu jam (58 menit) karena sudah didukung dengan 33 watt fast charger. Silahkan baca juga smartphone Xiaomi dengan dukungan fast charging 65w.

Sedangkan untuk urusan konektivitas, Redmi Note 9 Pro 5G ini terbilang cukup lengkap seperti penerimaan sinyal 5G, Wi-Fi, Bluetooth, IR blaster hingga NFC. Jack headphone menggunakan 3,5 mm standar berdampingan dengan speaker stereo. Speaker stereo ini dilengkapi dengan pengaturan motor getaran khusus seperti pada Poco X3 NFC.

Redmi Note 9 Pro 5G dilengkapi juga dengan fitur pemindai sidik jari yang terletak di sisi samping dan juga telah bersertifikat IP53 yang membuktikan smartphone ini tahan air dan debu. Tertarik bro?

Redmi Note 9 5G

Selain perangkat Redmi Note 9 Pro 5G, alternatif lainnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah smartphone Redmi Note 9 5G. Terlihat tidak ada embel-embel PRO disana namun sudah sama-sama mengusung jaringan 5G. Bagaimana spesifikasinya?

Redmi Note 9 5G dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 800U yang diklaim mampu bersaing dengan seri 700 Qualcomm. Bahkan pihak Xiaomi mengklaim bahwa 800U dua kali lebih cepat dari chipset Redmi Note 8. Penyimpanannya adalah UFS 2.2, yang 100% lebih cepat dari penyimpanan di telepon lama juga. Mantap juga ya bro.

Berbekal layar LCD seluas 6,53 inci dengan resolusi 1080p+ serta kecepatan refresh standar, yang berarti akan dapat menurunkan kecerahannya menjadi hanya 1 nit untuk tampilan malam hari. Selain itu Redmi Note 9 5G ini telah bersertifikat TUV untuk emisi cahaya biru rendah. Untuk panel depan telah dilindungi dengan Gorilla Glass 5.

Beralih ke sektor kamera yang mana smartphone ini mempunyai kamera utama dengan sensor 48MP yang lebih sederhana (1/2”, 1,6┬Ám piksel setelah binning 4-in-1). Untuk merekam video 4K dibatasi hingga 30 fps. Terdapat juga kamera lainnya yaitu kamera 8MP ultrawide (118°) digabungkan dengan kamera makro 2MP. Untuk kepentingan selfie bisa menggunakan kamera depan dengan sensor 13MP dan video 1080p.

Seperti pada Redmi Note 9 Pro 5G, smartphone ini juga memiliki lubang jack headphone 3.5mm dan speaker stereo serta motor linier (untuk umpan balik haptik yang lebih baik dalam bermain game).

Sedangkan pada kapasitas baterai Redmi Note 9 5G ini membawa sedikit lebih besar yaitu baterai 5.000mAh dan mendukung kecepatan pengisian daya 18W. Nah bro, jadi smartphone mana yang menjadi incaranmu?