NFC : Apa dan Untuk Apa?


Manfaat NFC - Bagaimanapun juga, teknologi akan terus berkembang termasuk juga teknologi yang disematkan pada smartphone. Kalau dibandingkan, handphone jaman dulu hanya bisa digunakan untuk bertelepon dan bertukar pesan saja namun sekarang sudah banyak hal yang bisa dilakukannya. Dulu, punya handphone dengan nada dering poliponik saja sudah riang gembira lho bro.

Teknologi pada smartphone ini akan terus dikembangkan seiring dengan perubahan jaman dan kecanggihan. Salah satu perkembangan pada smartphone saat ini adalah penyematan teknologi NFC. Hmmm, apa sih NFC itu dan fungsi manfaatnya untuk apa? Skuy cekidot bro.

Near Field Communication

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication atau komunikasi jarak dekat yang belakangan ini muncul sebagai fitur baru di smartphone. Untuk sementara ini sih masih terbatas pada smartphone-smartphone tertentu yang dibekali dengan fitur ini, namun tidak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan nantinya fitur ini bisa disematkan ke dalam semua kelas smartphone.

NFC ini merupakan teknologi yang diciptakan dengan tujuan untuk komunikasi/interaksi antar dua perangkat dengan jarak yang dekat yaitu dengan cara mendekatkan atau menempelkan keduanya. Disebutkan bahwa untuk menggunakan fitur NFC ini kedua perangkat berjarak tidak lebih dari 4cm. Sebenarnya fitur komunikasi nirkabel ini telah lama diketemukan lho karena untuk pertama kali dipatenkan tercatat pada tahun 1983 oleh Charles Walton.

Berbeda dengan fitur bluetooth, fitur NFC ini tidak memerlukan pairing terlebih dahulu sehingga lebih praktis. Penggunaan fitur ini juga bebas dari biaya dan tidak tergantung pada koneksi selular atau juga wifi.

Pada NFC juga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antar perangkat yang terhubung baik untuk mengirim atau juga untuk menerima informasi.



Fungsi NFC

Pada beberapa orang mensyaratkan adanya fitur ini ketika ingin ganti smartphone atau tambah smartphone. Bisa jadi smartphone yang ada di tangan kamu sekarang ini sudah dibekali dengan fitur keren ini? Biasanya fitur NFC ini untuk apa saja sih?

1. Pembayaran cashless

Salah satu keuntungan hadrinya teknologi NFC adalah bisa membuat hidup menjadi lebih mudah dan praktis. NFC selain berguna untuk cek saldo e-toll juga bisa untuk metode pembayaran secara cashless sehingga kita tidak perlu membawa uang fisik, ATM dan juga kartu kredit. Kini NFC telah terintegrasi dengan layanan dari perbankan seperti e-money sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan cara yang jauh lebih sederhana.

Caranya juga sangat mudah yaitu hanya perlu menempelkan smartphone ke perangkat NFC guna melakukan pembayaran tersebut. Kedepan NFC juga akan mampu memberikan data-data yang dibutuhkan sehingga bisa membuat proses pembayaran dapat diproses dengan lebih cepat lagi.

Pengembangan NFC untuk pembayaran secara cashless ini akan terus dikembangkan sebagaimana pada Samsung Pay, Apple Pay, Google Pay. Mungkin saat ini penggunaan NFC yang populer di Indonesia masih sebatas pada pengecekan saldo dan Top Up e-wallet oleh beberapa bank saja.

2. Menghubungkan antar perangkat

Fungsi dasar NFC adalah untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya untuk suatu keperluan. Perangkat yang terhubung tersebut dapat menjalankan komunikasi dua arah yang masing-masing perangkat bisa mengirim dan menerima informasi. Dengan hanya menempelkan perangkat-perangkat tersebut maka fitur NFC sudah dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Sebagai contoh manfaat fitur NFC ini adalah untuk menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, speaker yang tentunya semua perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi NFC.

3. Kirim file

Sesuai dengan manfaat NFC pada poin 2 di atas, Manfaat NFC pada smartphone selanjutnya adalah untuk mentransfer file atautukar data yang ada di smartphone satu ke smartphone lainnya dengan cara menempelkan kedua smartphone tersebut.

Sebagai contoh file yang bisa dikirimkan adalah file gambar, nomor kontak telepon, dokumen dan juga file lainnya dengan cepat, mudah dan praktis. Namun untuk kecepatannya, NFC sedikit lebih lambat jika dibandingkan transfer file menggunakan fitur Bluetooth.

4. Mengakses informasi smart card

Manfaat NFC pada smartphone selanjutnya adalah untuk membaca data file yang termasuk juga data pada smart card yang terdapat banyak variannya. Dengan menempelkan kartu tersebut pada bagian belakang smartphone, maka kamu bisa melakkukan pengisian saldo sesuai sesuai dengan yang diinginkan, misalnya saja untuk cek dan top-up e-Money dan juga kartu e-Toll.

5. Mempercepat untuk mendapatkan informasi

Penggunaan NFC ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya seperti QR Code, jadi ketika kamu ingin menggunakan fitur NFC ini kamu tinggal menempelkan smartphone pada perangkat lainnya. Nah selain ke perangkat lain kamu juga bisa menempelkannya pada NFC tag.

NFC tag saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti promosi, sosialisasi suatu program atau produk dan juga lainnya. Jadi sesaat setelah menempelkan smartphone pada NFC tag kamu langsung bisa mendapatkan informasi yang dimaksudkan pada NFC tag tersebut.

Pada NFC tag jika membutuhkan aplikasi tertentu untuk membuka informasinya, manfaat NFC ini adalah secara otomatis membuka aplikasi yang dibutuhkan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan keamanan data pengguna? Jangan khawatir bro karena fungsi NFC ini telah mendapatkan sertifikasi dari Trusted Service Manager (TSM) yang akan melindungi data-data pribadi dari konsumen. Nah bro, sudah adakah fitur NFC ini di smartphone kamu?