2021 Harapan dan Semangat Baru


Tiba saatnya kita berada dipenghujung tahun 2020 dan bersiap untuk menjelang malam pergantian tahun baru 2021. Suka duka mewarnai sepanjang perjalanan menyusuri tahun 2020. Tak seperti cantiknya tahun kembar ini, serasa tak mudah untuk melewati tahun 2020 ini yang terkait dengan adanya pandemi virus corona.

Setidaknya mulai bulan Maret di tahun 2020 dilakukan pembatasan aktifitas dan kegiatan yang berpotensi untuk menimbulkan kerumunan, termasuk juga sekolah dan perkuliahan yang dilakukan secara daring. Hal ini bertujuan untuk menekan penularan Covid 19 agar tidak semakin meluas.

Tidak itu saja, banyak dari para pekerja juga melakukan work from home (WFH) untuk memasikan pekerjaannya bisa tetap berjalan tanpa harus ngantor. Semua aktifitas di luar ruangan dibatasi sehingga akan lebih sering berada di rumah. Silahkan baca juga tips mengusir rasa bosan saat #dirumahaja.

Rumah makan, restoran, mall dan unit usaha lainnya banyak yang ditutup sementara akibat dampak dari merajalelanya virus ini. Banyak dari para pekerja yang terkena PHK di tahun ini karena sektor bisnis dan perekonomian yang lesu.

Ini merupakan salah satu bentuk keputusan yang berat dan bagai buah simalakama buat pemerintah, di satu sisi ingin pandemi virus corona ini bisa segera berakhir namun di sisi lain perekonomian juga harus tetap berjalan. Oleh karenanya pemerintah memutuskan untuk memulai hidup berdampingan dengan virus corona ditandai dengan era new normal yang mana ini berarti perekonomian dijalankan kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.


Tahun 2020 juga diwarnai dengan berita mengejutkan yaitu meninggalnya beberapa artis yang terasa mendadak, bahkan salah satu diantaranya sedang dalam keadaan tenar-tenarnya yaitu Pakdhe Didi Kempot. Semoga kesemuanya diberikan tempat yang layak dan lapang di sisi-Nya, aamiin.

2021 Semangat dan Harapan Baru

Salah satu hal yang patut kita syukuri adalah masih diberikannya nikmat sehat sehingga kita masih bisa bekerja, beraktifitas dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Bagi pekerja yang masih bekerja seperti Kangagos ini, dan juga bagi pelaku wirausaha yang masih bertahan bisnisnya adalah karunia-Nya yang luar biasa karena gempuran imbas pandemi ini yang bagaikan membabi buta.

Perusahaan yang masih bertahan dan survive di tengah-tengah Pandemi ini juga sangat luar biasa, karena selain untuk melindungi bisnis usahanya juga untuk menyelamatkan para karyawannya dengan mengusahakan semaksimal mungkin meniadakan PHK. Mungkin saja di tahun 2021 ini tidak ada kenaikan gaji, tidak ada promosi, tidak ada bonus namun perlu disyukuri setidaknya masih punya pekerjaan dan memiliki penghasilan untuk diri sendiri atau untuk keluarga.

Meskipun hingga di penghujung tahun 2020 ini virus Covid 19 belum juga sirna, namun pastinya kita semua berharap agar segera bisa terbebas dari belenggu virus corona. Terlebih lagi ada kabar vaksin yang sudah mendarat di Indonesia yang menjadi secercah harapan baru.

Tahun 2021 menjadi harapan dan semangat baru untuk kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, bangkit dari segala keterpurukan yang terjadi di tahun 2020 untuk masa depan yang lebih bersinar.

Malam pergantian tahun kali ini dihimbau untuk tidak mengadakan perayaan apapun guna menghindari terjadinya kerumunan. Sangat dianjurkan untuk melewati malam tahun baru 2021 dirumah saja bersama keluarga tercinta, yang bisa saja dengan mengadakan games-games ringan bersama anggota keluarga lainnya. Ada baiknya juga untuk memanjatkan doa agar segala keinginan-keinginan bisa segera dikabulkan di tahun 2021.

Untuk kehidupan yang lebih baik, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap menjalankan 3M (menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak). Selain itu juga mendukung gerakan 3T (testing, tracing, treatment) serta vaksinasi.

Dan kini saatnya untuk menyongsong tahun 2021, harapan dan semangat baru serta mewujudkan resolusi di tahun ini. Alhamdulillah 2020, Bismillah 2021.