Tips Membeli Mobil Bekas


Tips Membeli Mobil Bekas - Bisa memiliki sebuah mobil adalah impian bagi setiap orang, terlebih bagi yang sudah berkeluarga dengan beberapa anak. Alasannya sederhana saja, dengan adanya mobil maka jika liburan atau berpergian akan lebih hemat dan praktis karena tidak dipusingkan soal akomodasi.

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara alternatif untuk bisa mempunyai mobil pribadi. Selain harganya yang tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan harga mobil baru, dipasaran juga terdapat banyak sekali varian, jenis dan pabrikan mobil yang ditawarkan.

Membeli mobil bekas juga bisa menyesuaikan dengan dana atau budget yang disediakan untuk menebus sebuah mobil karena harga mobil bekas antara lain tergantung pada tahun perakitan, kondisi mobil, kelengkapan mobil, keadaan surat-surat dan lainnya. Kalau ingin membeli mobil bekas sebaiknya dengan memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal agar tidak kecewa di kemudian hari. Apa sajakah itu?

Tips membeli mobil bekas

Meskipun membeli mobil bekas tentunya kita juga tidak mau yang asal-asalan. Hampir semua orang menginginkan bisa mendapatkan mobil bekas dalam kondisi yang bagus namun dengan harga yang murah.

Banyak yang beranggapan bahwa dalam membeli mobil bekas itu harus jeli, karena kita tidak tahu riwayat mobil tersebut sebelumnya. Beda kasus jika kita tahu secara pasti kondisi dan riwayat mobil yang akan dibeli. Untuk itu agar tidak kecewa dikemudian hari, berikut tips membeli mobil bekas antara lain :


1. Tentukan jenis mobil incaran

Dengan budget yang sudah dialokasikan untuk membeli mobil bekas, maka selanjutnya adalah menentukan jenis mobil yang akan dibeli. Jika pilihan masih bimbang, bisa dengan dibuatkan skala prioritas. Utamakan membeli mobil bekas yang berasal dari teman atau saudara, yang setidaknya kita tahu bagaimana mereka ini menggunakan mobilnya, bagaimana merawatnya dan lain sebagainya.

Jika harus mencarinya ke showroom atau pasar/bursa mobil bekas, usahakan yang mempunyai banyak pilihan mobil bekas agar bisa leluasa memilihnya.

2. Lakukan test drive

Tidak ada salahnya untuk mengajukan test drive pada pemiliknya, karena dengan cara ini kita bisa mengetahui kondisi mesin dan kaki-kaki. Untuk mobil baru saja ada fasilitas test drive, apalagi untuk mobil bekas. Dan biasanya pemilik mobil akan mengijinkan untuk hal tersebut biar sama-sama enak antara penjual dan pembeli.

3. Cek kondisi mesin

Ini adalah wajib ya, cek kondisi fisik secara langsung. Jika merasa awam di dunia otomotif, bisa mengajak teman atau saudara yang lebih memahami bidang ini. Karena sekali lagi kita tidak tahu riwayat mobil sebelumnya. Selain body mobil, perlu diperhatikan juga kondisi mesin mulai dari menghidupkan mesin, ada tidaknya rembesan oli mesin, cek juga perpindahan giginya.

4. Kelengkapan surat

Selanjutnya adalah dengan memeriksa kelengkapan surat-surat mobil. Membeli mobil bekas bukan berarti surat-suratnya juga seadanya. Kelengkapan surat-surat mobil sangatlah penting agar nantinya kita juga nyaman dalam menggunakannya.

Setelah membelinya, kamu juga bisa melakukan proses mutasi balik nama mobil tersebut untuk memudahkan dalam pengurusan perpanjangan STNK kedepannya. 

Nah tips membeli mobil bekas ini untuk menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya saja mobil nantinya sering opnam di bengkel, sering rewel dan lainnya sehingga kita tidak nyaman saat menggunakannya.