Tips Agar Mudah Mendapatkan Pinjaman Online




Tips Agar Mudah Mendapatkan Pinjaman Online. Jika melihat perkembangan aplikasi Fintech pinjaman online di Google Playstore, semakin hari semakin bertambah jumlah aplikasi jenis ini. Hal ini bisa jadi menunjukkan bahwa pinjaman online ini semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Layanan pinjaman online ini tak luput dari penggunaan teknologi internet yang semakin murah dan mudah didapatkan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat ini tidak bisa kita hindari, dan kita tidak bisa berdiam diri atas perkembangan tersebut.

Mau tidak mau kita harus mengalir mengikuti arus perkembangan teknologi agar tidak "terlindas" oleh perkembangan jaman. Atau tidak mau dikatakan ketinggalan jaman.

Begitu pula Perusahaan-perusahaan akan menghadapi persaingan yang semakin ketat, terlebih jika tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini, bisa jadi akan tergantikan oleh perusahaan yang menerapkan kecanggihan teknologi pada perusahaannya. Silahkan baca juga waspadai modus penipuan menggunakan kode OTP.

Begitu pula layanan keuangan, kalau dulu kita hanya mengenal pinjaman konvensional seperti penjaman di Bank, BPR, perorangan, atau bahkan rentenir.



Namun sekarang ada pinjaman online yang sedang menjamur dengan menawarkan kemudahan-kemudahan dalam mendapatkan dana pinjaman. Pinjaman online ini sedikit banyak telah memperngaruhi bisnis pinjaman konvensional yang telah lama berjalan.

Jadi bagaimana sih caranya agar mudah mendapatkan pinjaman online? Sebelumnya sudah pernah Kangagos tulis artikel tentang tips memilih fintech pinjaman online yang aman, silahkan diintip ya.

Pinjaman Online


Pinjaman online merupakan layanan keuangan online yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan prosesnya, sehingga akan lebih efektif dan efisien.

Layanan ini termasuk dalam fintech atau financial technology di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi pinjaman online yang aman adalah yang sudah terdaftar di OJK.

Pinjaman online ini mudah didapatkan, sahabat Kangagos hanya perlu memasang aplikasinya pada smartphone dan melakukan tahapan prosesnya. Silahkan baca juga aplikasi pinjaman online terbaik di Android.

Alasan Menggunakan Pinjaman Online


Sahabat Kangagos, pada dasarnya orang tidak suka mempunyai hutang. Meskipun ada beberapa orang yang mempunyai hutang dengan alasan biar ada kegiatan bulanan yaitu bayar cicilan hutang (anggap ini hanyalah pengecualian saja ya).

Salah satu alasan mengapa memilih pinjaman online adalah karena faktor mudah dan cepat. Mudah dalam hal persyaratan ketika mengajukan kredit, dan cepat karena proses pencairan dana hanya dalam hitungan jam saja.

Selain itu juga dengan adanya gambaran hitungan cicilan perbulan, bunga dan denda yang transparan, sehingga memudahkan calon debitur untuk mengkalkulasi pembayarannya.

Fintech pinjaman online biasanya menyediakan support center 24 jam yang bisa dihubungi ketika kamu menghadapi suatu kendala. Jadi hal ini akan sangat membantu sekali. Ditambah lagi adanya program promo yang menarik dari aplikasi pinjaman online.

Nah agar kamu tidak semakin penasaran, silahkan teruskan artikel ini untuk mendapatkan informasi bagaimana caranya agar mudah mendapatkan pinjaman online.


Agar Mudah Mendapatkan Pinjaman Online


Nah, mungkin diantara kita masing-masing mempunyai aplikasi pinjaman online favorit sendiri-sendiri. Namun jika saat ini sedang mencari pinjaman online untuk berbagai kebutuhan maka berikut ini caranya agar mudah mendapatkan pinjaman online :

1. Menjaga kredibilitas kredit

Mungkin kamu pernah mendengar tentang apa itu SID atau BI checking. Biasanya ini sering menjadi momok ketika akan mengajukan pinjaman konvensional.

SID (Sistem Informasi Debitur) kerap digunakan sebagai acuan dari perbankan/layanan jasa keuangan untuk mengenali calon debiturnya sebelum mencairkan kredit yang diajukannya.

Begitu pula fintech pinjaman online yang juga menelusuri history kredit calon debitur menggunakan layanan SID dari BI ini atau disebut juga BI Checking. Untuk itu jika sebelumnya kamu telah mempunyai fasilitas pinjaman, sebaiknya menjaga agar history kredit kamu tetap bersih alias tidak ada tunggakan.

Fasilitas pinjaman yang terangkum dalam SID bisa berupa fasilitas kredit kendaraan bermotor (KKB), kredit pemilikan rumah (KPR), kredit usaha, kredit tanpa agunan, dan juga kartu kredit.

Apalagi kini SID berubah menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang dikelola oleh OJK yang mempunyai cakupan yang lebih luas lagi. Kini pelapor SLIK tidak hanya dari industri perbankan saja, namun meluas ke lembaga jasa keuangan lain maupun non lembaga jasa keuangan, seperti koperasi simpan pinjam, Bank umum, lembaga pembiayaan, dan lainnya.

Oleh karena itu, jika mempunyai angsuran jangan sampai telat ya. Dengan demikian maka kredibilitas kredit kamu tetap bersih dan bagus sehingga mudah mendapatkan pinjaman online.

2. Mengirimkan data dokumen yang diperlukan

Jangan berpikir mengirimkan dokumen ini melalui jasa pengiriman barang atau kantor pos ya, karena semua proses dilakukan di aplikasi secara online. Hari ginih gituh lhooo...

Nah agar mudah mendapatkan pinjaman online, berikanlah dokumen yang diperlukan oleh aplikasi pinjaman online. Hanya perlu foto dokumen terkait dan upload, namun jika menginginkan hasil yang lebih bagus, kamu bisa untuk melakukan scan dokumen tersebut pada mesin scan.

Karena bersifat papperless, sebaiknya kamu mempunyai data digital berupa file hasil scan atau foto atas beberapa dokumen. Pada umumnya, aplikasi pinjaman online membutuhkan dokumen seperti :
  • KTP
  • KK
  • Slip gaji
  • NPWP
  • Nomor rekening pribadi

3. Baca persyaratan dengan teliti

Nah agar mudah mendapatkan pinjaman online yang perlu dilakukan adalah memahami dengan baik persyaratan apa saja yang berlaku. Jangan sampai ada persyaratan yang terlewat satu poin menjadikan pinjaman online kamu ditolak. Silahkan baca juga hutang apakah harus dibayar?

Jadi,

Dengan kemudahan mendapatkan pinjaman online ini menjadikan kamu tetap tenang, karena ketika membutuhkan dana mendadak kamu bisa memanfaatkan fintech pinjaman online ini.

Satu hal yang penting untuk kembali Kangagos ingatkan, agar selalu menjaga kredibilitas kredit dimanapun entah itu di perbankan atau di lembaga pembiayaan, agar SLIK kamu tetap bagus dan bersih.

Dengan kredibitas kredit yang bagus, maka kamu akan mudah mendapatkan pinjaman online dan juga pinjaman konvensional. Semoga bermanfaat.