Tips Merencanakan Liburan Ceria Bersama Anak



Tips Merencanakan Liburan Ceria Bersama Anak. Ada perasaan bahagia tersendiri ketika mendengar kata liburan, entah itu libur sekolah, libur kerja, atau libur dari rutinitas apapun. Seakan-akan kata liburan ini mampu menghipnotis para pendengarnya.

Namun perlu diketahui, bahwa tidak hanya orang tua atau orang dewasa saja yang yang butuh liburan, akan tetapi anak-anak juga butuh liburan lho. Mengapa demikian? Bukankah setiap detik waktu anak ini di isi dengan bermain-main? Masihkah mereka membutuhkan liburan juga?

Memang liburan itu dibutuhkan oleh setiap manusia dan semua usia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari liburan.  Mengajak anak berlibur bisa memanfaatkan masa-masa libur sekolah setelah semesteran dan bisa juga di waktu akhir pekan.

Atau liburan akhir tahun, wah pasti sangat menyenangkan. Keceriaan anak adalah dambaan dari setiap orangtua, anak riang ortu senang. Setia orangtua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, karena masa anak-anak ini tidak akan pernah terulang kembali. Silahkan baca juga cara mengatasi anyang-anyangan.


Manfaat liburan bersama keluarga

Liburan menyenangkan itu tidak harus yang jauh dan mahal. Liburan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik yang ada di dekat tempat tinggal juga bisa. Salah satu liburan yang berkesan indah adalah saat menelusuri jejak-jejak erupsi di Gunung Merapi.

Tempat dengan ikon Mbah Maridjan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri. Saat naik Jeep dan menelusuri medan offroad nya terasa sangat menegangkan, menahan nafas, namun anak-anak ini malah dengan santainya menikmati setiap hentakan tajamnya lubang jalan dan tikungan.

Momen kebersaamaan seperti inilah yang perlu di dilakukan secara berkelanjutan. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan berlibur bersama, yaitu :

1. Memberikan pengalaman baru
Dengan mengajak berlibur ke suatu tempat, maka secara tidak langsung anak akan mendapatkan pengalaman baru dalam hidupnya yang akan dikenang sebagai hal yang menarik.

2. Memberikan pelajaran yang baru
Dengan melibatkan anak dalam liburan keluarga, maka kita secara tidak langsung mengajarkan sesuatu hal yang baru.

Misalnya sejak kita mempersiapkan perlengkapan atau bekal untuk liburan, maka anak akan menangkap momen tersebut yang kemudian dia akan mendapatkan pelajaran bahwa segala sesuatu itu perlu dipersiapkan sebelumnya agar semuanya bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.

Dalam perjalanan kita juga bisa mengajarkan akan arti dari rambu-rambu lalu lintas, jenis-jenis mobil, fungsi jalan tol, dan lain-lainnya.

3. Menguatkan hubungan antara orangtua dan anak
Liburan bersama anak ini bisa menjadi waktu yang berkualitas untuk menguatkan dan mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

4. Sejenak keluar dari rutinitas
Dunia anak adalah dunia bermain. Setelah bersekolah rutinitasnya akan berubah, yaitu bersekolah, belajar, dan bermain.  Dengan segala rutinitasnya itulah, kita sebagai orangtua perlu mengajaknya untuk berlibur agar anak tidak jenuh, penat dengan segala rutinitas yang dijalaninya.

5. Meningkatkan semangat belajar
Setelah usai liburan, diharapkan anak akan kembali fresh dan kembali menekuni kewajibannya yaitu belajar untuk masa depannya.

6. Menghargai sebuah usaha
Selama berlibur, sekalian kita bisa memberikan pemahaman kepada anak bahwa untuk bisa liburan dibutuhkan sebuah usaha antara lain waktu, biaya, dan lainnya.

Menilik dari manfaat yang luar biasa yang bisa di petik dari liburan bersama anak ini, maka sebagai orangtua yang bijak tentunya tidak memiliki pikiran bahwa liburan dengan mengajak anak hanya akan merepotkan saja, tetapi sebaliknya bahwa mengajak anak liburan bersama sangatlah menyenangkan.

Dalam merencanakan sebuah liburan ceria bersama anak, sebaiknya di persiapkan dengan matang karena berlibur dengan mengajak anak sangatlah berbeda jika kita melakukan liburan sendirian atau backpacker-an. 

Tips Merencanakan Liburan Ceria Bersama Anak

Nah, agar liburan bisa berakhir dengan sukses dan berkesan indah, sekarang kita beralih, apa saja sih tips liburan ceria dan nyaman bersama anak itu? Mari kita simak hyuk :

1. Sesuaikan anggaran
Tentukan terlebih dahulu dana atau anggaran untuk rencana liburan. Memang, liburan itu tidaklah harus jauh dan mahal. Namun dari sisi anggaran sangatlah penting untuk diperhatikan.

2. Sesuaikan kondisi cuaca
Perhatikan juga mengenai faktor cuaca. Lebih menyenangkan jika berlibur dengan kondisi cuaca yang cerah. Jadi jangan salah cuaca ya, misal liburan ke pegunungan di saat musim penghujan. Wow betapa dinginnya brbrbrr. Sebaiknya hindari liburan dengan aktifitas outdoor disaat musim penghujan ya.

3. Sesuaikan usia anak
Tempat tujuan liburan baiknya menyesuaikan dengan usia anak. Tujuannya adalah mengenalkan lingkungan terhadap anak. Misal anak dengan usia 3 - 4 tahun bisa kita ajak ke lokasi kebun binatang untuk mengenalkan nama-nama satwa.

4. Kunjungi tempat baru
Usahakan dalam melakukan liburan itu dengan mengunjungi tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi agar pengalaman dan pengetahuan anak semakin luas.

5. Bawa Bekal Perlengkapan
Jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan yak. Baju ganti, perlengkapan mandi, dan lain-lain. Bawa nya seperlunya saja menurut perkiraan kebutuhan selama liburan.

6. Jangan lupa bawa makanan dan minuman
Ini penting jangan sampai terlewatkan. Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup untuk selama perjalanan liburan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Perlengkapan P3K
Nah ini, kadang yang terlewatkan. Membawa perlengkapan obat-obatan ini penting dan jangan dikesampingkan, terlebih kondisi tubuh dan kesehatan pada anak. Minimal sediakan thermometer, tolak angin, paraetamol.

Karena selama liburan kita tidak tahu akan perubahan kondisi tubuh anak. Karena gembira dan main sepuasnya bisa menyebabkan kondisi tubuh drop.

Nah, itulah beberapa tips yang penting untuk diperhatikan jika akan melakukan liburan bersama keluarga tercinta. Ciptakan liburan yang berkesan indah yang bisa memberi manfaat lebih terhadap anak kita. Terima kasih telah membaca Tips Merencanakan Liburan Ceria Bersama Anak.