Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM Yang Handal



Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari semakin berkembangnya teknologi khususnya internet. Banyak peluang yang bisa mendatangkan penghasilan dari makhluk yang bernama internet ini, apalagi sekarang terasa sangat mudah saja mendapatkan akses internet.

Iya, selamat datang di era serba digital yang bahkan jaringan 4G sudah mulai merambah sampai ke daerah-daerah. Sebagai pengguna internet yang bijak tentunya kita akan memanfaatkannya secara positif, khususnya dalam hal ini adalah memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan bersama Kioson. Apa itu Kioson? Bagaimana caranya? Simak lanjutannya ya.

Lebih Dekat Dengan Kioson

Kioson adalah sistem aplikasi smartphone yang dihadirkan oleh PT. Kioson Komersial Indonesia pada Mei 2015 dengan tujuan untuk membantu dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia ini. Silahkan baca juga rekomendasi tempat pasang iklan murah.

Ditangani oleh para ahli di bidang merchandising, e-commerse, telekomunikasi dan keuangan, maka Kioson sangat mendukung pergerakan ekonomi digital yang ada di daerah atau pedesaan yang selama ini terdapat adanya kesenjangan digital.

Jika sebelumnya jenis usaha yang ada di pedesaan berupa toko kelontong, atau kios-kios kecil, akan berubah menjadi E-Tailer. E-Tailer ini adalah toko yang dapat melakukan transaksi digital dengan menggunakan aplikasi Kioson.

Dengan mengusung tagline " Semua Bisa Online ", maka sasaran Kioson adalah mendorong masyarakat Indonesia untuk berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan ekonomi digital.

Keuntungan bagi pengguna Kioson meningkatnya pendapatan keluarga, toko tradisional beralih menjadi E-Tailer, dengan cara  bisnis retail, agen pembayaran (payment point), program keagenan (agency point), yang masing-masing produk dan program bisa memberikan keuntungan bagi mitra Kioson E-Tailer. Berangkat dari hal tersebut, kesenjangan ekonomi digital di perkotaan dan pedesaan bisa di persempit.

Secara garis besarnya adalah Kioson menjembatani antara pembeli dan penjual, dimana pembayaran yang dilakukan oleh pembeli ini tidak perlu ditransfer akan tetapi bisa di bayarkan secara tunai kepada E-Tailer. Jadi pembeli akan merasa nyaman dan tidak takut tertipu uangnya akan hilang sia-sia.

Terlebih didaerah pedesaan cara pandang orang dalam membeli barang haruslah melihat bentuk fisik terlebih dahulu, mencobanya, dan kalau cocok baru terjadi transaksi jual beli. Namun dengan Kioson cara pandang tersebut bisa dirubah karena dengan Kioson semua transaksi akan terasa nyaman dan aman. Agar semakin jelas dan terang benderang mengenai apa itu Kioson.
Sekarang sudah gamblang ya mengenai Kioson. Kioson ini perkembangannya cukup pesat. Menurut data per Mei 2016 Kioson sudah memiliki 4000 E-Tailer, 400.000 konsumen aktif, dan 500 mitra suplier. Data ini pastinya akan terus berkembang mengingat pengguna internet semakin meningkat dan juga telah merasakan manfaat menggunakan Kioson.

Keuntungan Menggunakan Kioson

Dari gambaran paparan diatas sudah bisa kita tangkap apa saja keuntungan transaksi digital dengan menggunakan Kioson. Namun ada baiknya jika melihat keuntungan tersebut dari dua sisi, yaitu sisi pembeli dan sisi E-Tailer.

1. Keuntungan Pembeli
Keuntungan bagi pembeli yang membeli barang melalui transaksi digital E-Tailer Kioson adalah :
  • Pembayaran secara tunai, dengan melakukan transaksi yang pembayarannya secara tunai akan menjadikan pembeli ini merasa nyaman dan juga meminimalkan penipuan jual beli online.
  • Berbasis internet, jadi untuk mencari barang bisa dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu keluar rumah dan muter-muter dari toko ke toko.
  • Tersedia produk lengkap, hanya dengan menggunakan Kioson sudah bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan, semisal perlengkapan rumah tangga, gadget, tiket kereta, pulsa, bayar PDAM, dan masih banyak lagi. Lengkap banget deh.

2. Keuntungan E-Tailer
Selain pembeli yang merasa untung dan nyaman, keuntungan juga bisa didapatkan bagi para E-Tailer lho, sebagai berikut :
  • Komisi langsung, E-Tailer bisa langsung mendapatkan komisi dari transaksi sukses yang dilakukannya. Jadi keuntungan yang didapat bisa langsung di monitor secara real time.
  • Tersedia banyak produk, di Kioson terdapat banyak produk kebutuhan yang bisa ditawarkan. Tak hanya produk saja, melainkan juga ada layanan jasa keuangan. Jadi peluang untuk mendapatkan banyak transaksi sangatlah terbuka lebar.
  • Menjadi tujuan transaksi, sudah menjadi hukum alam jika pembeli merasa puas maka akan mengulangi transaksi di tempat yang sama. Belum lagi ditambah promo manual dari pembeli kepada calon pembeli, maka kesempatan untuk mendapatkan banyak pelanggan terbuka lebar bagi E-Tailer.
Itulah fungi dari Kioson yang sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM, menjadikan semua orang di pedesaan juga bisa merasakan berbelanja online secara aman dan nyaman.

Dan juga mendorong agar UMKM yang ada semakin maju dan berkembang, karena dengan tergabung di Kioson, UMKM memiliki banyak varian stok barang tanpa harus direpotkan untuk mencari supplier, tanpa harus dibuat pusing mencari lokasi toko, dan segala jenis manajemen keuangannya.

Tentunya dengan gambaran diatas semakin tertarik saja ya dengan Kioson ini. Lalu, bagaimana cara bergabung dengan Kioson? Teruskan membaca artikel ini ya karena saya akan menjelaskan selanjutnya.

Bagaimana Cara Bergabung Di Kioson?

Cara bergabung di Kioson sangatlah mudah dan tidak merepotkan, dan Kioson memberikan 2 alternatif pilihan paket di awal gabung yaitu :

1. Paket Gold
Paket ini cocok dan diperuntukkan bagi calon pengguna yang belum memiliki tablet android. Untuk pendaftaran paket gold ini cukup dengan membayar Rp. 900,000. Adapun yang diterima adalah tablet android, saldo Kioson sebesar Rp. 100,000 ,  Baner untuk toko E-Tailer, dan juga buku panduan.

2. Paket Kioson GO
Paket ini diperuntukkan bagi calon pengguna  yang sudah memiliki tablet atau smartphone android. yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Kioson di Google Playstore. Berikutnya adalah :
  • Setelah aplikasi Kioson sudah terpasang di android, silahkan buka aplikasinya. 
  • Selanjutnya adalah dihadapkan pada formulir data diri yang harus diisi dengan lengkap, yang sesuai dengan data diri ya. Jangan lupa siapkan juga poto KTP yang masih berlaku. Setelah semuanya terisi, kemudian pilih kirimkan.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu balasan dari Kioson untuk username dan password yang akan dikirimkan melalui SMS dan email. 
  • Setelah mendapatkan ID dan password Kioson, selanjutnya silahkan melakukan login di aplikasi Kioson. 
  • Masukkan ID KCP dan passwordnya kemudian pilih Kirimkan. Bisa juga untuk melakukan ganti password agar lebih mudah diingat, untuk langkah ini pilih Lupa Password/Membuat Password.
Sampai disini kita sudah selesai melakukan pendaftaran dan juga telah berhasil login di aplikasi Kioson, dan layanan digital sudah siap dimulai.

Cara Top Up Saldo Kioson

Sebelum melakukan transaksi apapun menggunakan plikasi Kioson, maka mitra Kioson harus menambah atau melakukan top up saldo Kioson.

Top Up harus dilakukan sebelum dua minggu setelah pendaftaran ya, karena kalau tidak ID Kioson akan hangus. Nah, yang berikut adalah cara top up saldo Kioson :

1. Top Up Kilat Via ATM 
Disebut top up kilat karena hanya butuh 5 menit saja setelah top up maka saldo Kioson akan langsung bertambah. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 20.000. Caranya cukup mudah yaitu :
  • Pilih menu TRANSFER,
  • Pilih TRANSFER KE BANK LAIN.
  • Pilih tujuan trnsfer adalah Bank Sinarmas / kode Bank 153.
  • Lalu masukkan nomor rekening yaitu 8383 lalu diikuti nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya.

2. Top Up Via Rekening Kioson

Top up saldo ini bisa diakukan denga menggunakan ATM, mobile banking, internet banking dengan melalui menu transfer. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 10.000. Saya menggunakan car ini ketika melakukan top up saldo Kioson saya. Rekening Kioson atas nama PT. Kioson Komersial Indonesia adalah sebagai berikut :
  • Bank BCA : 494 305 6776
  • Bank Mandiri : 121 000 3622622
  • Bank BRI : 0329 0100 35 91303
Setelah melakukan transfer, yang perlu dilakukan adalah konfirmasi melalui menu Panel Kioson > Pembayaran Online > Tambah balance. Estimasi saldo masuk adalah 30 menit, namun menurut pengalaman saya lebih cepat dari itu.

Transaksi Digital Mudah Dengan Kioson

Dengan menggunakan aplikasi Kioson banyak transaksi yang bisa di lakukan, belanja barang kebutuhan sehari-hari, belanja gadget dan elektronik, membayar tagihan PDAM, PLN, leasing, kartu pascabayar, pulsa HP dan Listrik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ketika saya melakukan transaksi pembelian pulsa HP, saya tidak menemukan kesulitan. Dan proses penambahan pulsa ke nomor tujuan sangatlah cepat. Langkahnya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut :
  • Dari menu utama, pilih gambar HP bertuliskan Pulsa.
  • Masukkan nomer HP yang akan diisi pulsa, kemudian pilihlah nominal yang akan di isikan. Selanjutnya tekan Isi Ulang Saja.
  • Silahkan cek kembali nomor HP tujuan dan nominal pulsanya, kalau sudah sesuai kemudian tekan Konfirmasi Pembayaran.
  • Ada pop up konfirmasi bahwa transaksi sedang di proses. Menurut pengalaman saya, tidak lama kemudian pulsa langsung masuk.

Kesimpulan

Aplikasi Kioson sangat cocok digunakan oleh siapa saja, termasuk UMKM di pedesaan agar bisa semakin berkembang dan maju.

Dengan Kioson, layanan digital dan pembelian secara online kini tidak di dominasi lagi oleh warga perkotaan saja, karena warga di pedesaan juga sudah bisa menikmatinya lewat aplikasi Kioson ini, jadi kesenjangan digital yang selama ini ada bisa terjembatani dengan baik.

Tidak hanya itu saja, dengan Kioson juga bisa meningkakan taraf hidup dan menjadi sumber penghasilan baru bagi para penggunanya.

Aplikasi Kioson ini sangatlah mudah digunakan dengan tampilan antar muka yang bersahabat dan mudah dipahami oleh siapa saja. Juga layanan yang disediakan sangatlah lengkap. Kebutuhan sehari-hari sudah terangkum dalam aplikasi ini.

Dengan satu aplikasi sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah bergabung dan menjadi pengguna atau E-Tailer aplikasi Kioson ini karena Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM.