Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog


Kangagos - Tulisan berikut adalah panduan untuk pemula di dunia blogging terkait dengan apa itu disclaimer dan apa gunanya. Disclaimer atau sanggahan untuk melengkapi keberadaan blog agar terlihat profesional, terlebih blog yang di monetisasi atau yang bertujuan komersil.

Jika tujuan membuat blog sebatas sebagai catatan pribadi, mungkin tidak perlu mencantumkan disclaimer ini. Tetapi sebaliknya, jika bertujuan komersialisasi atau akan memonetisasi blog sebaiknya di pasang laman disclaimer ini.

Apalagi kalau keberadaan blog tersebut digunakan untuk mendaftar atau bergabung di Google Adsense.

Kalau diperhatikan hampir semua blog atau website skala besar menyertakan disclaimer, entah peletakannya di bagian footer maupun di bagian menu.

Selain Disclaimer, juga diperlukan yang namanya Privacy Policy untuk menunjang kelengkapan blog/website. Silahkan baca juga Cara Membuat Privacy Policy Dengan Mudah.

Langkah Mudah Membuat Disclaimer Blog

Agar tidak bingung membuat laman disclaimer seperti saya sewaktu dulu, berikut adalah langkah mudah untuk membuatnya.

  • Kunjungi situs www.privacypolicyonline.com, kemudian pilih Disclaimer Generator.
  • Kemudian isikan opsi yang ada :

Keterangan :

  • Your Website Title : isikan nama blog
  • Your Website URL : isikan URL blog
  • Kemudian pilih Next
  • Country : isikan negara dimana kamu tinggal
  • State : isikan provinsi dimana kamu tinggal
  • Email Address : isikan email aktif
  • Langkah terakhir adalah klik Create Disclaimer

Jika sudah selesai maka akan ditampilkan hasilnya. Pada bagian kanan adalah merupakan Disclaimer Preview. Jika sudah sesuai maka kamu bisa perhatikan bagian Download your Disclaimer. Kamu bisa klik tombol copy to clipboard untuk nantinya di pastekan pada halaman blog kamu.

Cara Pasang Disclaimer Untuk Blog

Nah sekarang saatnya untuk memasang Disclaimer pada blog. Caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu membuat halaman baru pada blog kamu yaitu masuk ke dashboard blogger > Laman > buat laman baru.

Selanjutnya berilah judul untuk halaman tersebut, misalnya saja judulnya disclaimer. Kemudian rubahlah pada tampilan HTML.

Jika sebelumnya tadi kamu sudah meng-copy hasil disclaimer generated dengan cara klik pada tombol copy to clipboard, selanjutnya adalah tinggal paste-kan saja pada halaman yang baru dibuat tersebut.

Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol terbitkan. Langkah terakhirnya tidak lain tidak bukan adalah melihat tampilan hasilnya. Tradaaa. Oiya silahkan baca juga pilihan template untuk daftar Google Adsense.

Dengan adanya halaman disclaimer maka blog akan lebih terlihat menarik dan profesional sehingga siap untuk didaftarkan pada Google Adsense. Demikian panduan Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog.  Semoga bermanfaat.