Jumat, Juli 16, 2021

Cara Cek Siaran TV Digital di Android


Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah resmi merilis pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) migrasi dari TV analog ke siaran TV Digital secara bertahap yang dimulai pada tanggal 17 Agustus 2021 hingga 22 November 2022.

Nantinya pada saat tahapan ASO ini telah dilakukan sepenuhnya, maka tidak ada lagi siaran TV analog yang bisa ditangkap karena sudah dimatikan. Jadi jika mau menikmati siaran-siaran TV nasional, mau tidak mau harus pindah ke saluran TV digital. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Untuk bisa menangkap siaran TV digital tentu saja harus menggunakan perangkat televisi yang sudah mendukung fitur tv digital DVBT2. Siaran TV digital ini konsepnya sama dengan siaran TV analog yang juga memanfaatkan antena UHF, jadi bukan melalui parabola atau streaming ya bro.

Apa harus Ganti Pesawat Televisi?

Jika punya dana lebih atau memang sedang merencanakan untuk membeli pesawat televisi baru, boleh-boleh saja bro. Namun pastikan bahwa pesawat televisi tersebut sudah mendukung fitur TV digital DVBT2 ya bro. Simak juga promo TV kabel murah.

Namun jika masih sayang dengan televisi yang sudah ada, juga tidak masalah bro. Pesawat televisi model LCD atau LED yang belum mendukung fitur DVBT2 atau bahkan TV tabung juga bisa untuk menangkap siaran TV digital. Namun ada syaratnya yaitu dengan menambahkan perangkat Set Top Box (STB) TV digital DVBT2. Silahkan baca juga bersiap menuju siaran tv digital.



STB TV digital ini dijual bebas di pasaran dan juga bisa ditemukan di marketplace atau toko online dengan harga yang bervariasi. Dalam rangka migrasi siaran tv analog ke siaran tv digital ini, pemerintah juga akan membagikan STB secara gratis ke masyarakat dengan kriteria -kriteria tertentu.

Aplikasi SinyalTVDigital

Pada waktu sebelum pelaksanaan ASO, stasiun-stasiun televisi telah melakukan uji coba siaran di jalur digital agar setelah ASO selesai nanti stasiun televisi tersebut bisa langsung tayang sepenuhnya di jalur TV digital DVBT2 tanpa kendala.

Untuk mengetahui stasiun televisi mana saja yang telah mengudara di jalur digital yang wilayah kita, kita bisa mengetahuinya dengan cara melakukan scanning pada pesawat televisi digital atau di STB. Note : Masing-masing area atau wilayah, hasilnya bisa berbeda-beda ya.

Selain itu, cara lain untuk cek siaran TV digital DVBT2 bisa melalui smartphone Android, yaitu dengan menggunakan aplikasi SinyalTVDigital, caranya adalah sebagai berikut :

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi SinyalTVDigital di Google Play Store
  • Setelah terpasang, selanjutnya buka aplikasi tersebut
  • Aplikasi akan meminta izin akses lokasi, silahkan pilih izinkan
  • Untuk menemukan lokasi, bisa mengisi secara manual di kolom pencarian atau bisa juga dengan menekan menu di bawah bagian tengah
  • Selanjutnya akan ditampilkan stasiun-stasiun pemancar televisi yang terdekat dengan lokasi.

Pada bagian bawah juga terdapat menu dengan gambar "pemancar" yang apabila kita pilih menu ini akan ditampilan daftar MUX yang terjangkau di wilayah kita. Dari masing-masing MUX tersebut kita bisa melihat lebih detil lagi seperti :

  • Jarak pemancar terdekat
  • Status sinyal
  • Latitude
  • Longtitude
  • Nama MUX operator
  • Ketinggian tower
  • channel/frekwensi
  • dan lainnya, silahkan simak video di bawah ini :


Sedangkan pada menu bawah paling kanan yang bergambar seperti ikon "gambar", akan ditunjukkan channel-channel televisi digital yang bisa ditangkap dari lokasi. Nah bro mudah sekali kan cara cek siaran TV digital di Android? Gimana di daerah kamu bro, apakah sudah lengkap stasiun televisi analog yang sudah migrasi ke digital?