Kamis, Juli 15, 2021

Cara Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19


Sobat Kangagos semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dimanapun berada. Sobat, apakah sudah mengikuti program vaksin Covid-19? Vaksinasi ini sebagai upaya ikhtiar kita agar pandemi ini bisa segera berlalu tanpa banyak menimbulkan korban lagi, aamiin.

Alhamdulillah Saya difasilitasi oleh tempat dimana Saya bekerja untuk mengais rejeki, mencari sesuap nasi, (rumah, berhektar tanah, sebongkah berlian dan emas batangan, aamiin) untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini. Bulan Mei lalu Saya menerima vaksin dosis pertama dan kemudian disusul pada bulan Juni untuk dosis kedua, alhamdulillah semuanya lancar tanpa efek yang berarti.

Sertifikat Vaksin Covid-19

Seperti yang kita ketahui bahwa setelah selesai menerima vaksin Covid-19 maka akan mendapatkan sertifikat softcopy (bukan berupa sertifikat fisik ya). Begitu pula Saya juga mendapatkannya, pada vaksinasi yang pertama sesaat setelah disuntik vaksin sambil menjalani masa observasi selama 30 menit, notifikasi SMS dari 1199 sudah masuk.

SMS ini memuat link yang bisa kita klik kemudian akan di bawa ke browser dan ditampilkan sertifikat vaksin Covid-19. Sertifikat ini bisa kita download atau unduh agar bisa tersimpan di galeri memori hp. Silahkan baca juga cara cek saturasi oksigen di android.


Oiya, yang dimaksud dengan masa observasi ini adalah untuk melihat apakah terdapat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau biasa disebut dengan KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi).

Namun pada penerimaan vaksinasi yang kedua, SMS dari 1199 yang memuat link sertifikat ini butuh waktu dua hari baru Saya terima. Bahkan ada teman Saya yang tidak mendapatkan SMS meskipun sudah ditunggu berhari-hari, padahal secara urutan dia lebih dahulu menerima suntik vaksin dibandingkan dengan Saya. Nah, terus bagaimana solusinya?

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Covid

Bingung dong dia, mau tanya ke RS tempat pelaksanaan vaksin juga bingung mau nanya ke siapa dan gimana nanyanya. Untung segera ada info untuk mengunduh atau download sertifikat vaksin Covid-19 bahkan ada jasa yang menawarkan untuk cetak sertifikat vaksin lho.

Nah jika kamu tidak mendapatkan SMS dari 1199, alternatif lain cara mengunduhnya adalah sebagai berikut :

1. Melalui situs pedulilindungi.id

Cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 diantaranya adalah melalui situs pedulilindungi.id yang tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Buka terlebih dahulu situs https://pedulilindungi.id/ (bisa di laptop atau smartphone
  • Kemudian pilihlah menu 'REGISTRASI VAKSIN' dan 'Login Sekarang', bagi yang sudah memiliki akun. Namun jika belum memiliki akun, klik saja 'Buat akun PeduliLindungi'
  • Bagi yang sudah memiliki akun, maka akan diminta untuk memasukkan Nama Lengkap, NIK, dan Nomor HP
  • Selanjutnya masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PEDULICOVID melalui SMS
  • Kemudian pada menu pojok kanan bagian atas, klik 'NAMA AKUN', atau klik tanda 3-strip lalu pilih 'NAMA AKUN'
  • Kemudian pilih menu 'SERTIFIKAT VAKSIN'
  • Klik 'NAMA' dan akan ditampilkan sertifikat vaksin
  • Selanjutnyalalu klik 'UNDUH' untuk menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.

2. Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui situs pedulilindungi.id, sertifikat vaksin Covid-19 juga bisa di download melalui aplikasi pedulilindungi, caranya adalah sebagai berikut :

  • Unduh dan pasang aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau di App Store
  • Isilah identitas diri seperti nama lengkap dan memasukkan nomor handphone
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk verifikasi data
  • Selanjutnya akan diarahkan pada kolom Beranda
  • Lengkapilah identitas diri dengan mengisikan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  • Cek fitur sertifikat vaksin
  • Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  • Silahkan unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama dan juga yang kedua maka sertifikat tersebut akan tersimpan ke dalam galeri smartphone.

PENTING...

Sertifikat vaksin Covid-19 ini terdapat QR Code yang memuat data pribadi, dan QR Code tersebut dapat dipindai. Oleh karena itu simpanlah dengan baik, tidak perlu mengunggahnya ke media sosial apalagi jika tanpa melakukan sensor terhadap data-data penting. Oiya, jangan lupa melakukan log out setelah mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 ini dari situs pedulilindungi.id ya bro.

Pandemi Covid-19 ini bukan hanya melanda di Indonesia saja, namun juga banyak negara-negara yang mengalaminya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi dampak dari pandemi ini, misalnya saja program vaksinasi, PPKM dan lain sebagainya.

Vaksinasi ini bisa didapatkan secara gratis dan akhir-akhir ini banyak sekali tempat-tepat pemberian vaksin agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin agar tercipta herd immunity. Oleh karena itu sebaiknya manfaatkan program vaksinasi ini demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pastinya kita semua berharap agar kondisi bisa kembali pulih seperti dulu lagi, berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Tetap jaga kesehatan dan disipin menerapkan prokes dimanapun berada. Salam sehat selalu bro.