Jumat, Maret 03, 2023

Inilah Manfaat AC Untuk Kesehatan


Di daerah panas, sudah menjadi maklum jika penduduknya memasang AC di rumah ataupun di perkantoran. Selama ini kita mengenal AC (air conditioner) adalah alat untuk mendinginkan ruangan, namun ternyata tanpa kita sadari terdapat manfaat AC untuk kesehatan kita. Penasaran apa saja manfaat AC untuk kesehatan? Yuk simak.

Setiap orang pasti menginginkan kondisi tubuhnya sehat dan bugar, dan salah satu untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan cara menjalani gaya hidup sehat. Dengan tubuh yang sehat dan bugar maka akan mudah untuk menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari.

Kesehatan adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa dan wajib bagi kita untuk menjaga dan merawatnya sebagai tanda syukur kita. Silahkan baca juga cara praktis mendinginkan ruangan tanpa AC.



Manfaat AC Untuk Kesehatan

AC selain fungsi utamanya sebagai pendingin ruangan, ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran apa saja manfaat AC untuk kesehatan, langsung simak saja yang berikut ya :

1. Mengatasi gangguan tidur

Penggunaan AC bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya bagi mereka yang sering mengalami gangguan tidur. Namun, gunakanlah AC dengan bijak. Jangan menggunakan suhu terlalu rendah dan membuat ruangan menjadi sangat dingin. Sebab, hal itu justru akan membuat Anda sering terbangun karena kedinginan.

2. Mengatasi heatstroke

Heatstroke adalah keadaan di mana suhu tubuhmu meningkat secara drastis akibat terpapar suhu panas yang berlebih. Penggunaan AC bisa menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuhmu.

Ketika mengalami heatstroke, tubuh akan terasa sangat panas, bahkan merasa akan pingsan karena tubuh terpapar suhu yang panas dalam jangka waktu lama. Dalam kondisi ini, AC bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Dengan memanfaatkan udara dingin AC, suhu tubuh akan lebih cepat kembali normal.

3. Menjaga suhu ruang untuk bayi

Khususnya untuk bayi yang baru lahir yang belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik, maka AC berfungsi menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil, membuat tidurnya lebih nyaman, terhindar dari ruam kulit, terhindar dehidrasi dan lain sebagainya.

Bayi yang baru lahir belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik. AC berfungsi menjaga suhu tubuh Si Kecil agar tetap stabil, membuat tidurnya lebih nyaman, dan mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, dehidrasi, ruam kulit, maupun heatstroke.

4. Mencegah gangguan pernapasan

Manfaat AC lainnya adalah mengurangi risiko terkena gangguan pernapasan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang berdebu dan dengan tingkat polusi tinggi. Sebab, AC dilengkapi dengan penyaring udara untuk mencegah masuknya polusi ke dalam ruangan. Agar lebih aman, pastikan Anda selalu membersihkan AC secara rutin.

5. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

AC dapat menjaga kualitas udara di ruangan. Dalam hal ini kamu bisa menjaganya dengan menggunakan air conditioner yang memiliki HEPA Filter dan/atau Carbon Filter yang mampu menghilangkan bau tidak sedap sekaligus mengurangi partikel bebas di udara termasuk kotoran kecil, jamur, bakteri dan virus, sehingga kebersihan udara dalam ruangan akan selalu terjaga.

Namun yang perlu ingat, kondisi ini hanya berlaku jika AC-mu bersih, AC yang kotor justru akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Silahkan baca juga cara membersihkan AC sendiri.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terungkap bahwa penggunaan AC ternyata bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan penggunaan AC akan memengaruhi kebersihan udara dan suhu panas berlebih.

Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, ditambah suhu udara yang panas di siang hari. Ini bisa membuat kualitas napas menjadi berkurang. Alasannya, karena kondisi tersebut menyebabkan stres pada jantung dan fungsi kardiovaskular, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat AC untuk kesehatan kita, mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat Kangagos dimanapun berada. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya, aamiin.