Senin, Januari 30, 2023

Perbedaan Smart TV dan TV Digital


Terkait dengan berubahnya siaran televisi dari analaog menjadi digital, sehingga masyarakat penikmat siaran tv lokal mau tidak mau harus menambahkan set top box pada perangkat televisinya. Terlebih jika televisi yang dimiliki hanya mendukung siaran anlog saja. Set top box atau STB menjadi sarana untuk bisa mendapatkan siaran digital pada tv analog.

Tak sedikit juga banyak yang sekalian ingin meng-upgrade tv dengan cara membeli tv baru yang sudah support siaran tv digital sehingga tidak lagi memerlukan adanya set top box. Secara penggunaan mungkin akan lebih praktis yang demikian karena hanya ada satu remot.

Namun secara keuangan, mungkin akan terdapat nominal yang lebih jika dibandingkan dengan hanya membeli STB saja. Silahkan baca juga cara cek daftar siaran tv digital.

Nah bagi kamu yang ingin membeli tv baru yang sudah mendukung siaran televisi digital terestrial, dipasaran terdapat banyak sekali pilihan. Untuk itu sebaiknya sesuaikan dengan budget yang akan kamu keluarkan ya.



Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat khususnya pada teknologi siaran seperti televisi, membuat para produsen TV berlomba-lomba memproduksi beragam jenis televisi hingga menawarkan televisi dengan menanamkan beragam fitur kecanggihan dan teknologi terbaru.

Perbedaan Smart TV dan TV Digital

Namun karena terlalu banyaknya jenis televisi yang biasa kita jumpai dipasaran, membuat sebagian orang bingung dan tidak bisa membedakan antara jenis TV yang satu dengan jenis TV lainnya. Seperti halnya membedakan TV digital dan smart TV, tak jarang masih banyak orang yang belum bisa membedakan kedua jenis TV tersebut. Dari fisik dan tampilannya memang bisa terlihat sama, namun dari teknologi di dalamnya jelas memiliki perbedaan diantara keduanya.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli TV, sebaiknya kamu harus mengetahui perbedaan Digital TV dan smart TV, untuk menghindari adanya salah pilih TV yang bisa merugikanmu.

Faktanya, kedua jenis TV tersebut berbeda loh, bahkan smart TV hadir lebih awal dibandingkan dengan TV digital. Nah, lalu apa saja ya perbedannya? Untuk mengetahui perbedaan TV digital dan smart TV, silahkan simak artikel ini ya...

Smart TV

Smart TV juga bisa menggunakan antena HD atau terhubung ke internet untuk mendapatkan konten yang akan ditonton. Berbeda dengan TV digital, penonton smart TV dapat mencari konten yang ingin ditonton dan bisa memilih program yang diinginkan. Smart TV juga bisa dijadikan TV biasa untuk menonton kanal free-to-air dari sinyal antena HD.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat membeli smart TV yaitu sistem operasi. Meskipun semuanya bisa terhubung dengan internet, belum tentu sebuah Smart TV bisa dilengkapi dengan aplikasi yang diinginkan. Beberapa sistem operasi Smart TV hanya mendukung aplikasi tertentu, misalnya YouTube. Oleh karena itu, sebelum membeli Smart TV, pastikan dulu bahwa sistem operasinya mendukung aplikasi yang diinginkan atau dibutuhkan.

Untuk sistem operasi populer yang mendukung paling banyak aplikasi adalah Android. Karena, setiap aplikasi yang bisa didukung oleh sistem operasi Android di HP pasti bisa dimainkan di TV berbasis Android.

Namun, aplikasi populer seperti Netflix, Prime, atau YouTube biasanya pasti tersedia juga di beberapa Smart TV milik brand besar. Smart TV memiliki kemampuan internet. Dengan perangkat ini, penonton dapat menyaksikan konten dari aplikasi atau situs seperti Netflix dan Youtube.

TV digital

Untuk menikmati siaran digital, masyarakat bisa lebih dulu memeriksa apakah perangkat TV di rumah telah mendukung siaran tersebut atau belum. Jika sudah ada pilihan DTV, artinya perangkat TV sudah bisa menerima siaran televisi digital.

Sementara TV digital adalah standar TV biasa. Untuk terhubung dengan internet, TV digital yang bukan Smart TV harus terhubung dengan bantuan perangkat pihak ketiga. Konten yang ada di dalam TV digital didapatkan melalui antena. Penonton juga tidak bisa mengontrol banyak hal di dalamnya, kecuali dengan mengganti saluran dan menunggu program favorit.

TV digital belum mendukung fitur smart seperti aplikasi streaming sehingga tidak membutuhkan koneksi internet. Sehingga tayangan hiburan terbatas hanya dari siaran digital saja.

Demikian perbedaan antara smart tv dan tv digital. Kamu mau beli yang mana? Jangan sampai salah pilih ya sobat.