Senin, Juni 21, 2021

Cara Praktis Mendinginkan Ruangan Tanpa AC


Cara instan untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan adalah dengan memasang AC. Namun biasanya akan dihadapkan dengan tagihan listrik yang melonjak karena penggunaan AC tersebut. Itu baru penggunaan satu AC, bagaimana jika dalam satu rumah terdapat beberapa kamar yang juga dipasangi AC atau bahkan juga untuk ruang tamu atau ruang keluarga? Berapa pula uang yang harus dibayarkan setiap bulannya untuk keperluan pembayaran listrik?

Belum lagi harga sebuah perangkat AC juga tidaklah murah. Oleh karena itu biasanya kipas angin menjadi solusi untuk membuat ruangan tidak terasa panas atau gerah. Meskipun sama-sama membutuhkan daya listrik, namun konsumsi daya kipas angin tentu jauh lebih rendah dibandingkan dengan AC. Eiitss, baca juga bro cara efktif berhenti merokok.

Ruangan jadi terasa dingin tanpa harus pakai AC

Cuaca di luar yang panas biasanya membuat kita ingin menikmati makanan atau minuman yang segar seperti es, buah dingin atau yang lainnya. Jika masih kurang bisa dengan menyalakan AC atau kipas angin. Silahkan baca juga cara mudah membersihkan filter AC.

Namun terkadang kita merasakan meskipun telah menggunakan kipas angin namun udara tetap terasa panas. Karena mungkin ruangan tersebut tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga meskipun menggunakan kipas angin maka angin yang berputar di ruangan tersebut tetap terasa panas. Nah, bro berikut tips praktis mendinginkan suhu ruangan tanpa AC yaitu :

1. Perhatikan sirkulasi udara

Pertama adalah terkait dengan sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Jendela atau pintu yang terbuka dapat membantu pergantian udara dalam ruangan. Dengan demikian maka udara segar dapat masuk dan mengisi seluruh ruangan.

Namun perlu diketahui juga bahwa arah dari jendela kamar atau ruangan tersebut sebaiknya tidak langsung terpapar panasanya cahaya matahari. Hal tersebut dikarenakan jika letak jendela kamar dan ruanganmu terarah langsung ke area yang terkena cahaya matahari langsung, maka akan membuat ruanganmu menjadi tambah panas.



2. Pemilihan warna cat ruangan

Selanjutnya cara untuk mendinginkan ruangan tanpa AC adalah dengan memeprhatikan warna cat pada ruangan. Penggunaan cat dengan warna cerah pada ruangan akan dapat membawa efek yang menyejukkan seperti pada warna putih, kuning, atau pastel.

HAl tersebut dikarenakan pada warna-Warna cerah seperti tersebut diatas akan dapat memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan menjadi tidak terasa panas lagi.

3. Menggunakan tirai warna cerah dan tebal

Jika saja jendela yang ada pada ruangan kebetulan mengarah pada matahari, bisa saja menyiasatinya dengan memasang tirai yang berwarna cerah dan tebal pada jendela tersebut untuk mengurangi rasa panas dalam ruangan.

Pastikan menggunakan warna cerah ya, karena jika menggunakan warna gelap seperti hitam akan dapat menyerap panas sehingga akan membuat ruangan akan terasa lebih panas.

Gunakan warna cerah (selain warna merah) seperti warna putih yang dapat menangkal panas matahari. Tidak harus warna putih ya bro, kamu bisa menyesuaikan dengan warna cat pada ruangan agar terlihat serasi dan menarik.

4. Perhatikan penggunaan lampu ruangan

Sudah menjadi hal lumrah jika mematikan lampu bisa menurunkan suhu ruangan, maka tidak ada salahnya jika sering mematikan lampu ruangan terutama di siang hari.

Cara mendinginkan suhu ruangan tanpa AC ini juga bisa dibilang sangat efektif untuk menurunkan suhu di dalam ruangan karena lampu diketahui dapat menyalurkan suhu panas yang akan dapat meningkatkan suhu disekitarnya.

Tidak menutup kemungkinan jika lampu yang kamu gunakan berjenis LED, tetap dimungkinkan lampu tersebut akan dapat menyebabkan kenaikan dari suhu pada ruangan ruangan tersebut.

Jika kamu suka tidur dalam kondisi minim cahaya, maka kamu dapat menggunakan lampu yang redup atau lampu dengan watt kecil untuk menenami waktu tidurmu.

5. Minimalkan perabotan

Selanjutnya cara mendinginkan suhu ruangan adalah dengan memperhatikan jumlah perabotan dalam kamar atau ruangan. Ruangan yang penuh dengan perabotan akan dapat menjadikan suhu ruangan terasa panas, selain itu juga terlihat kurang menarik alias sumpek.

Oleh karena itu perhatikan jumlah perabotan yang ada dalam kamar atau ruangan. Coba cek lagi barang-barang tersebut maka yang benar-benar diperlukan di ruangan tersebut, dan jika tidak penting-penting banget bisa dialihkan saja ke ruangan lainnya.

6. Ganti sprai dan sarung bantal

Cara mendinginkan ruangan yang satu ini juga bisa diterapkan di kamar yaitu dengan mengganti sprai dan sarung bantal dengan bahan yang lebih adem seperti halnya sprai dari bahan katun yang dinilai sebagai pilihan terbaik. Bahan katun lebih mudah "bernapas" sehingga permukaannya tetap dingin dan bisa membuat kamu merasa nyaman saat bersantai atau beristirahat.

Selain itu, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakanlah bantal yang berisikan kulit ari gandum atau buckwheat. Bantal dengan bahan ini tidak akan menahan panas tubuh dan bahkan jika dialapisi sarung sekalipun.

7. Pasang exhaust fan

Cara mendinginkan ruangan selanjutnya adalah memasang exhaust fan yang bisa dipasanglah pada ruang dapur dan juga kamar mandi.

Exhaust fan ini berfungsi untuk menarik uap udara keluar rumah saat mandi dan menarik udara panas setelah memasak. Dengan begini, ruanganmu akan bebas dari udara yang bikin gerah dan panas.

8. AC buatan dari es dan kipas angin

Ingin merasakan hembusan udara dingin serasa menggunakan AC namun nggak ada AC? Tenang bro, kamu bisa berkreasi dengan cara yang sederhana yaitu siapkan saja sebuah kipas angin, es batu, dan mangkuk besar.

Kemudian letakkan es batu tersebut ke dalam mangkuk besar yang diletakkan di depan kipas angin dan nyala kipas anginnya. Tradaaa kamu akan dapat merasakan sensasi dingin dan sejuk di ruanganmu tanpa harus menggunakan AC. Silahkan baca juga cara mengatasi vertigo.

Nah bro, dari cara praktis mendinginkan ruangan tanpa AC yang telah tersebut di atas, selain dapat menghemat pengeluaran juga dapat membantu kondisi lingkungan agar terhindar dari dampak global warming. Mengapa demikian?

Karena pada setiap unit AC mempergunakan Freon (klorofluorokarbon atau CFC), yang menjadi salah satu bahan wajib untuk proses pendinginan ruangan. Jadi, semua AC baik yang terpasang di rumah, perkantoran, dan juga AC yang disewakan untuk berbagai acara hajatan dilengkapi Freon untuk keperluan pendinginan.

Jadi bro, jika kamu ingin kamar atau ruangan kamu tidak terasa panas, kamu bisa mencoba cara praktis mendinginkan ruangan tanpa AC di atas. Semoga bermanfaat.