Selasa, Juni 29, 2021

Aplikasi Android Bisa Berjalan di Windows 11 Tanpa Emulator


Bisa menjalankan aplikasi Android di sistem operasi Windows 11? Mungkin kamu sudah tidak kaget lagi ya bro karena selama ini memang bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android di windows. Namun yang biasa terjadi sebelumnya adalah dengan menggunakan bantuan program emulator seperti Memu, Nox, Bluestacks, dan lainnya.

Dengan demikian maka aplikasi Android tersebut tidak dijalankan secara langsung di dalam Windows namun berjalan dalam sebuah mesin virtual di atas Windows.

Nah pada Windows 11 ini permasalahan tersebut dibuat menjadi lebih ringkas yaitu Windows 11 bisa menjalankan aplikasi Andorid tanpa emulator. Jadi aplikasi Android tersebut dijalankan secara native atau langsung di sistem operasi Windows 11, tanpa perlu emulator lagi.

Hal tersebut berkat antara Microsoft dan Intel dengan menggunakan teknologi Intel Bridge sehingga aplikasi Android bisa dijalankan di sistem x86 dengan prosesor AMD ataupun prosesor berbasis ARM.

Saat ini sudah terdapat berbagai aplikasi Android yang bisa ditemukan pada Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store. Pengguna juga bisa menyematkan aplikasi tersebut pada taskbar seperti aplikasi Windows lainnya. Keunggulan Windows 11 yang satu ini bisa jadi karena sebagai wujud kemitraan dan kerjasama antara Microsoft dengan Amazon.

Dalam demo diperlihatkan Microsoft memamerkan kemampuan Windows 11 dalam menjalankan aplikasi TikTok. Selain aplikasi TikTok, sejumlah aplikasi Android lain yang muncul di Windows Store adalah Ring, Yahoo, Uber, dan lainnya. Silahkan baca juga tips memilih aplikasi koperasi.

Keunggulan Windows 11

Microsoft secara resmi telah mengumumkan untuk tidak lagi melakukan memberikan support pada Windows 10 dalam beberapa waktu ke depan. Hal tersebut juga sebagai pertanda bahwa Microsoft telah merilis sistem operasi terbarunya yaitu Windows 11.

Sistem operasi terbaru ini tampil lebih modern, fresh, dan bersih. Meskipun terlihat lebih sederhana namun terdapat peningkatan kinerja, pengalaman multitasking dan juga tampilan baru dari Windows Store.



Di bagian tema terdapat pilihan Light dan Dark Mode dengan latar belakang transparan. Di sisi kiri, Microsoft menempatkan panel widget yang didukung AI, menampilkan berbagai informasi yang dapat dipersonalisasi. Pada Windows 11 menyertakan menu dan tombol Start baru yang posisinya tidak lagi di ujung kiri layar, namun berada di tengah.

Selain lebih hemat konsumsi daya, Windows 11 mempunyai ukuran file update yang lebih kecil dari sebelumnya, setidaknya Windows update lebih kecil 40%. Sistem operasi Windows 11 ini diklaim sebagai sistem operasi teraman yang pernah dibuat oleh Microsoft. Yuk intip keunggulan Windows 11 lainnya diantaranya yaitu :

1. Terintegrasi dengan Teams

Windows 11 akan terintegrasi dengan Teams, alat konferensi video dan perpesanan milik Microsoft. Dengan demikian, pengguna akan semakin mudah untuk mengakses Teams pada Microsoft. Pada 2019, Teams memiliki 20 juta pengguna, namun pada 2021 menjadi 145 juta pengguna. Teams merupakan aplikasi lintas platform yang bisa diakses pada Android atau iOS serta Windows.

2. Snap Layout

Keunggulan Windows 11 selanjutnya adalah dengan menghadirkan fitur Snap Layout. Fitur ini dinilai bisa menambah kenyamanan pada penggunanya karena fitur Snap Layout ini akan memungkinkan pengguna mengatur tata letak jendela dan dengan mudah mengatur aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan.

3. Fitur Widget

Seperti pada versi sebelumnya, Microsoft masih menghadirkan Widget pada versi Windows terbarunya ini. Kehadiran widget kemungkinan saja untuk mengimbangi Apple yang juga mengaplikasikan widget pada iOS 14. Widget pada Windows 11 akan hadir untuk menampilkan panel berita, minat dan cuaca.

Widget akan memberikan dukungan AI dan Microsoft Edge. Untuk mengakses widget Windows 11 caranya adalah dengan mengarahkan kursos ke sebelah kiri layar.

4. Menu pengaturan

Microsoft memperbarui desain pada menu pengaturan atau “Setting” yang dibuat menjadi lebih ringkas. Dengan demikian akan terasa lebih mudah dalam mengunakannya, ringkas, dan praktis. Cek juga ya promo tv kabel murah.

5. Tampilan baru

Tampilan pada Windows 11 memiliki ikon taskbar yang terpusat seperti yang ada pada Chrome OS yang mana menempatkan ikon di sisi tengah. Selain itu, desain ikon pada Windows 11 juga terlihat lebih halus dan transparan sehingga memberikan kesan lebih modern serta minimalis.

Namun ada yang terlihat tidak berubah yaitu penempatan keterangan jam, tanggal dan juga jaringan masih berada di sebelah kanan. Nah bro, tak sabar untuk segera menggunakan Windows 11?