Rabu, Maret 10, 2021

Cara Mudah Membuka File RAR Dan Zip di Android


Bagi pengguna laptop ataupun smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan file yang tersimpan dalam bentuk kompresan Zip atau RAR. File-file kompres seperti ini biasa ditemukan di internet yang isinya bermacam-macam misalnya saja file aplikasi, game, dan lainnya.

File Zip atau RAR merupakan format file kompres yang populer dan banyak digunakan. Dengan mengompres sebuah file maka akan dapat menghemat ukuran fiel tersebut, misalnya saja ukuran asli sebuah file sebesar 500MB, maka setelah dikompres maka ukuran file akan dapat berubah menjadi lebih kecil misalnya 300MB.

Selain bisa menghemat ukuran, file dengan kompresi Zip atau RAR juga bisa dilindungi dengan password sehingga akan lebih aman. Satu file Zip atau RAR bisa memuat lebih dari satu file, sehingga akan lebih praktis. Nah, bagaimana cara membuka file yang telah dikompres tersebut?


Cara Membuka File Zip dan RAR di Android

Mungkin saja kalau menemukan file jenis ini saat menggunakan laptop tidak akan menimbulkan masalah karena sangatlah mudah untuk mengekstraknya. Namun pada saat mengunduh suatu file dari internet menggunakan smartphone dan akan menggunakannya di smartphone juga, tidak sedikit yang mengalami kebingungan.

Untuk smartphone Android keluar terbaru rata-rata sudah dibekali dengan kemampuan mengekstrak file-file yang telah dikompres seperti Zip dan RAR. Caranya hanya cukup dengan melakukan klik pada file Zip/RAR, maka akan muncul pilihan untuk mengekstraknya, seperti pada gambar di bawah ini :


Cukup mudah bukan? Untuk membuka file Zip dan RAR di smartphone Android memang cukup mudah. Namun kekurangannya adalah kita tidak bisa membuat sebuah file menjadi file yang terkompres. Nah bagaimana jika pada smartphone tidak mempunyai kemampuan ini? Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Zarchiver.

Aplikasi Zarchiver

Aplikasi Zarhiver adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuka file kompres. Selain itu dengan aplikasi ini juga bisa untuk membuat file kompres dengan memberinya password.

Aplikasi ini cukup ringan dan populer, serta dapat membantu kita dalam mengamankan dan mengelola file-file yang kita miliki. Silahkan cek video dibawah ini :



Jika belum memilikinya, kamu bisa unduh di Playstore atau untuk versi pro bisa di unduh Zarchiver Pro (Mediafire Pass : kangagos).


Cara menggunakannya juga cukup hampir mirip-mirip dengan yang tanpa aplikasi. Namun Zarchiver ini mempunyai fitur yang lebih komplit. Sudah memilikinya?