Jumat, Maret 05, 2021

Inilah Daftar Makanan yang Tinggi Protein


Salah satu hal penting yang harus selalu dipenuhi setiap harinya adalah kecukupan kebutuhan protein untuk tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein yang terdapat dalam makanan dapat bermanfaat untuk memastikan bagian-bagian tubuh berfungsi sebagaimana mestinya karena protein berfungsi untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui apa saja daftar makanan yang tinggi protein.

Jadi manfaat protein yang dikonsumsi setiap hari tersebut berguna untuk memelihara jaringan atau sel-sel dan juga membantu pertumbuhan sel-sel baru guna menggantikan sel-sel yang rusak.

Selain itu protein juga kaya akan zat gizi yang memiliki banyak manfaat di antaranya adalah dapat membantu proses menurunkan berat badan terutama pada area lemak perut serta juga mampu meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah, mempercepat proses penyembuhan luka dan lainnya.

Itulah mengapa sangat penting untuk selalu memperhatikan asupan makanan setiap harinya yang harus dipastikan mengandung banyak protein untuk kesehatan tubuh. Kira-kira, apa saja jenis makanan yang mengandung protein tinggi ya?

Makanan Protein Tinggi

Mungkin tanpa disadari sebenarnya setiap hari kita sudah mengonsumsi makanan berprotein karena makanan yang mengandung protein mudah ditemukan di sekitar kita. Makanan yang mengandung protein di bagi menjadi dua yaitu nabati dan hewani sehingga (misal) pelaku gaya hidup vegetarian tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan dan mengonsumsi makanan berprotein. Untuk lebih jelasnya mari kita simak daftar makanan yang tinggi protein di bawah ini :



1. Makanan Berprotein Nabati

Protein bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan, yang jenis ini disebut juga dengan protein nabati. Adapun sumber makanan yang mengandung protein nabati antara lain sebagai berikut :

A. Brokoli

Brokoli merupakan sumber makanan yang mengandung protein nabati tinggi karena pada brokoli mengandung serat, kalium, vitamin C, dan juga vitamin K. Selain itu dikarenakan mengandung banyak antioksidan, brokoli juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker.

B. Gandum

Selanjutnya ada gandum. Gandum disebut sebagai makanan yang paling sehat karena mengandung banyak serat sehat, mangan, magnesium, vitamin B1 dan juga nutrisi-nutrisi lainnya. Protein yang terkandung dalam gandum mentah juga cukup tinggi yaitu sebanyak 13 gram dan 303 kalori.

C. Tempe dan Tahu

Untuk jenis makanan ini tentu sudah sangat familiar sekali bagi masyarakat Indonesia. Selain mudah didapatkan, harga tempe maupun tahu juga cukup terjangkau sehingga tidak salah jika menjadi makanan favorit. Jenis masakan dengan bahan tempe dan tahu juga cukup banyak karena mudah dikreasikan.

Dan yang penting adalah makanan ini mengandung manfaat yang banyak. Seperti pada 100 gram tempe misalnya yang mengandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat, 1,4 g serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

D. Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat? Pasti semuanya sudah tahu dengan buah ini mudah cara mengonsumsinya seperti dimakan secara langsung atau dikreasikan menjadi jus atau lainnya.

Buah alpukat yang berwarna hijau menggoda ini sangat nikmat dan mengandung protein dan asam lemak tak jenuh tunggal. Setengah dari buah alpukat segar ukuran sedang mempunyai kandungan 77% lemak, 19% karbohidrat, dan 4% protein (2 gram).

E. Bayam

Meskipun tidak mengandung protein sebanyak ang terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan, namun bayam juga termasuk jenis makanan yang menyehatkan karena pada 100 gram bayam rebus mengandung 2,4 gram serat pangan, 3 gram protein, 209% vitamin A, 16% vitamin C, 13% kalsium, dan 20% zat besi.

Bayam yang berdaun hijau gelap juga kaya akan antioksidan dan mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu makanan tersebut diatas, protein juga banyak didapatkan dari sumber makanan berjenis :

  • Biji-bijian seperti pada biji chia dan jelai (barley)
  • Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang polong, buncis dan kacang kedelai

2. Makanan Berprotein Hewani

Untuk dapat memenuhi kebutuhan protein setiap harinya yang dikonsumsi oleh tubuh, sangat diperlukan untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang mengadung protein tinggi. Selain berasal dari tumbuh-tumbuhan, protein juga bisa didapatkan dari jenis makanan hewani. Sahabat Kangagos, berikut ini adalah jenis makanan yang mengandung protein hewani yaitu :

1. Daging

Pada sumber makanan jenis daging-dagingan seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing dan domba sangat kaya akan protein dan juga sumber vitamin B12. Namun pada daging unggas mengandung lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding dengan daging lainnya. Misalnya saja pada dada ayam yang mengandung 280 kalori dan 50 gram protein. Sementara pada setiap 85 gram daging sapi tanpa lemak mengandung 25 gram protein dan 185 kalori.

Selain daging tersebut di atas, sumber protein tinggi bisa didapatkan dari daging ikan seperti pada daging ikan salmon dan daging ikan tuna yang mengandung omega 3 yang baik kesehatan jantung.

B. Telur

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang mudah ditemukan yang protein tinggi, terutama di bagian putih telurnya yang terdapat protein murni. Dalam satu butir telur misalnya, mengandung setidaknya 6 gram protein dan 75 kalori. Selain itu, telur juga merupakan salah satu makanan sehat dan paling bergizi karena mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan juga asupan nutrisi untuk otak.

C. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan salah satu sumber asupan protein yang paling baik karena susu mengandung protein yang sangat berkualitas. Hal tersebut dikarenakan pada susu mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain protein, susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang.

Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt juga merupakan sumber protein yang baik karena pada 100 gram yoghurt mengandung sekitar 10 gram protein dan dalam 100 gram keju terdapat sekitar 20 gram protein. Sementara pada satu gelas susu mengandung 8 gram protein.

D. Makanan laut

Selain daging ikan salmon dan daging ikan tuna, sumber protein tinggi juga bisa didapatkan dari ikan laut, udang, cumi, dan juga kerang. Seperti pada ikan tongkol yang mengandung 19 gram protein dan seporsi udang mengandung sekitar 20 gram protein. Kandungan nutrisi bermanfaat tersebut juga bisa ditemukan pada jenis ikan air tawar seperti ikan bandeng.

E. Jeroan

Jeroan juga mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi lho, seperti pada hati sapi yang mempunyai kandungan 27 gram protein di setiap 100 gramnya. Namun meskipun demikian, sangat dianjurkan untuk selalu mengendalikan konsumsinya karena jeroan juga mengandung kolesterol yang tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan pada pembuluh darah dan jantung.

Nah itulah tadi sumber makanan protein tinggi yang bisa didapatkan dari jenis makanan nabati dan hewani. Pada umumnya kandungan protein yang ada pada sumber makanan nabati lebih rendah jika dibandingkan dengan sumber makanan hewani. Semoga bermanfaat, salam sehat.