Definisi dan Cara Kerja Layanan Fiber Optic


Definisi dan Cara Kerja Layanan Fiber Optic - Internet fiber optic menjadi kebutuhan yang mendasar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan layanan internet komunikasi akan menjadi lebih lancar serta orang akan lebih mudah untuk melakukan pekerjaan pada sekarang ini, perkembangan teknologi internet sudah semakin maju sehingga dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Akibat perkembangan internet yang semakin melejit membuat banyak teknologi yang diterapkan sehingga muncullah yang namanya fiber optic. Untuk Anda yang masih penasaran tentang apa itu fiber optic dan bagaimana cara kerjanya. Lebih baik simaklah ulasan singkat di bawah ini terlebih dahulu.

Apa Sih Layanan Fiber Optic Itu?

Internet fiber optic merupakan salah satu teknologi dalam internet yang tergolong baru dan memungkinkan penggunanya dapat mengakses internet dengan cepat. Selain cepat, juga mudah sekali jangkauannya di tempat kecil sekalipun seperti rumah misalnya dan dengan harga yang lumayan murah.

Saat ini sudah banyak sekali sekolah, rumah perkantoran yang sudah menerapkan fiber optic. Internet jenis ini mempunyai banyak kelebihan dan di Tanah Air sendiri perkembangannya sangat pesat. Dengan begitu banyak penyedia layanan internet jenis fiber optic ini di Indonesia. Banyak perusahaan penyedia layanan internet yang menawarkan produknya masing-masing dengan kelebihan yang ada.

Bagaimana Cara Kerja Layanan Fiber Optic?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa internet fiber optic merupakan salah satu teknologi yang memberikan kemudahan seseorang dalam mengakses internet. Akan tetapi secara umum fiber optic adalah sebuah teknologi yang menggunakan kabel serat optic dengan ukuran kecil. Fungsi dari fiber optic yaitu berguna untuk mentransmisikan gelombang dengan kecepatan tinggi.


Fiber optic meskipun berbentuk kabel yang memiliki ukuran kecil namun jangkauannya hingga ke area yang cukup luas. Umumnya kabel ini di tanam di dalam tanah atau bisa juga dibenamkan di bawah laut membentuk jaringan kabel optic melintasi pulau bahkan benua.

Cara kerja dari fiber optic ini yaitu dengan serat yang berbentuk kaca (optic), sinyal digital atau gelombang data yang ditransmisikan ke dalam kabel dari sumber data ke tujuannya. Sebelumnya sinyal listrik/ digital yang hendak ditransmisikan dari sumber data ke tujuan dikonversi terlebih dulu menjadi gelombang cahaya. Kemudian gelombang cahaya ini yang nantinya akan dikirimkan ke tujuan.

Sebab menggunakan gelombang cahaya yang kemudian ditransmisikan dalam media yang cukup kecil maka kecepatannya akan menjadi lebih cepat. Sehingga jangkauan fiber optic ini sangatlah luas, jadi dapat memudahkan masyarakat ketika mengaksesnya. Bahkan jika berada di lingkungan yang jauh sekalipun dengan layanan internet ini masih bisa mengaksesnya.

Itulah informasi mengenai pengertian serta cara kerja dari internet fiber optic. Anda yang ingin mencari perusahaan penyedia infrastruktur IT mudah saja kok caranya. Untuk urusan ini, serahkan saja pada Hypernet, pastinya Anda akan diberikan kepuasan serta kenyamanan dalam mengakses internet.

Tidak lupa kualitas layanan yang sudah barang tentu terjamin sehingga tidak akan mengecewakan. Dengan pelayanan yang ramah akan membuat Anda nyaman menggunakan service dari perusahaan ini. Penasaran? Silahkan segera kunjungi situs resmi Hypernet saja ya.