Jumat, Maret 04, 2022

Tips Memainkan Pianika Untuk Pemula


Sobat Kangagos, tentunya sudah tahu dengan alat musik yang bernama pianika. Pianika atau disebut juga dengan melodica adalah salah satu alat musik tiup seperti halnya pada harmonica. Namun untuk menghasilkan suara dari pianika adalah dengan cara menekan tuts yang ada pada pianika tersebut sembari dengan meniupnya.

Pianika biasanya menjadi salah satu alat musik untuk materi praktek di pendidikan sekolah. Atau jika di sekolah tidak ada materi praktek pianika, kamu juga bisa belajar memainkannya sendiri lho.

Dalam memainkan pianika membutuhkan tiupan udara yang mana cara meniupnya bisa dengan cara meniupnya secara langsung, atau bisa juga dengan menggunakan selang atau pipa lentur yang menghubungkan anatara mulut dan pianika. Jika belum memiliki alat musik pianika, kamu bisa mendapatkannya di sini.

Bermain Pianika

Dengan memencet tuts sembari meniup pianika, akan dapat menghasilkan nada atau suara yang berirama. Bermain pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, dan juga bisa untuk mengiringi sebuah lagu. Pada pianika terdapat tuts warna putih dan warna hitam, yang mana Kegunaan tuts pianika tersebut adalah :

  • Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada-nada pokok/asli
  • Tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kromatis

Untuk memainkan alat musik yang satu ini, kamu bisa melatih jari agar nantinya bisa memainkan pianika dengan menggunakan lima jari sehingga akan dapat menghasilkan susunan nada yang indah harmonis.

Dalam tahapan belajar, kamu bisa menggerakkan secara berurutan jari-jari tangan kanan secara rutin agar semakin lihai dalam memainkan tuts pianika. Kamu juga bisa belajar memainkan lagu menggunakan pianika seperti yang terdapat pada video di bawah ini :



Teknik penjarian dalam bermain pianika adalah dengan menempatkan ibu jari sebagai Jari pertama atau jari nomor satu. Selanjutnya kamu bisa menempatkan telunjuk sebagai jari lain atau disebut dengan jari nomor dua. Jari tengah sebagai jari nomor tiga, jari manis sebagai jari nomor empat dan jari kelingking sebagai jari nomor lima.

Untuk melatih jari-jari adalah bisa dengan cara memposisikan tangan seolah sedang memegang bola. Dengan demikian maka latihan ini bertujuan untuk membuat jari-jari untuk bisa bergerak dengan lebih leluasa Sehingga akan membuat pianika menjadi lebih mudah untuk dimainkan.

Selain penekanan tuts yang lihat dan tepat, hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam memainkan pianika adalah teknik meniup. Usahakan setiap tiupan yang dilakukan secara lembut, halus dan usahakan agar tiupan yang dihasilkan bisa merata. Latihan pernafasan sangat dianjurkan untuk menghasilkan tiupan yang panjang dan kuat dengan tujuan untuk menghasilkan alunan nada yang terdengar lebih merdu (sesuai dengan alunan lagu atau musik yang dimainkannya).



Tips Bermain Pianika

Untuk memudahkan dalam berlajar bermain pianika, maka kamu perlu mengetahui notasi di setiap tutsnya yang biasanya ditandai dengan angka (meskipun ada juga yang menggunakan huruf). Pada dasarnya, pada tuts pianika terdiri dari notasi rendah pada bagian kiri dan tinggi pada bagian kanan. Not angka pianika diawali dengan not 4 di kiri dan not angka 1 di bagian kanan. Silahkan baca juga peralatan recording untuk pemula.

Masing-masing warna pada tuts tersebut juga mempunyai peran tersendiri yaitu tuts yang berwarna putih merupakan tuts yang berfungsi untuk memainkan nada yang asli, sedangkan untuk tuts yang berwarna hitam akan berfungsi untuk memainkan nada yang kromatis. Penjarian, pernafasan dan perpaduan antara keduanya menjadi hal yang penting dalam bermain pianika untuk dapat menghasilkan sebuah karya yang indah untuk dinikmati.

Meskipun sekilas alat musik pianika ini mirip dengan piano, namun keduanya memiliki perbedaan-perbedaan dalam memainkannya dan juga suara yang dihasilkannya. Perbedaan tersebut diantaranya adalah cara memainkan pianika adalah dengan ditiup, sedangkan hal tersebut tidak diperlukan ketika bermain piano.

Untuk itu, untuk menjadi keren saat bermain pianika harus memperhatikan dan mengatur pengambilan nafas secara tepat dengan tujuan agar nantinya tidak kehabisan nafas saat memainkan sebuah lagu. Dengan berlatih memainkan lagu setiap hari maka dengan sendirinya kamu akan mendapatkan cara bermain pianika yang terbaik. Selamat bermain pianika.