Sabtu, Maret 05, 2022

Lowongan Kerja Kepala Departemen di PT Pegadaian


Jika kamu bercita-cita untuk bisa memiliki jabatan yang lebih tinggi dari di perusahaan kamu sekarang, misalnya menjadi kepala divisi ataupun kepala departemen, kini kamu bisa memiliki peluang yang luas lagi. Kamu tak harus mencari lowongan di perusahaan swasta saja, karena perusahaan BUMN seperti di PT Pegadaian juga telah membuka kesempatan bagi khalayak umum untuk berkompetisi secara transparan menjadi Kepala Departemen di perusahaan plat merah yang bergerak di bidang keuangan ini.

PT Pegadaian sendiri merupakan salah satu perusahaan BUMN yang cukup sering melakukan penerimaan karyawan baru, khususnya bagi para lulusan baru dan pencari kerja di level staf. Biasanya informasi penerimaan karyawan baru ini memang selalu diumumkan melalui website resmi Pegadaian di halaman “Karier”. Bisa mengembangkan karir Pegadaian sendiri adalah impian banyak orang, mengingat PT Pegadaian merupakan salah satu perusahaan BUMN yang difavoritkan banyak pekerja karena rekam jejaknya yang tepercaya dan telah berkontribusi besar bagi masyarakat.



Lowongan Kerja Kepala Departemen di PT Pegadaian

Salah satu posisi yang cukup menarik dan ternyata dibuka untuk umum adalah Kepala Departemen khususnya bagian Business Development. Dengan dibukanya lowongan untuk posisi tersebut, membuktikan bahwa untuk mendapatkan jabatan tinggi di PT Pegadaian tidak harus dengan mengabdi dari level staf yang paling mula.

Adapun tugas dari seorang kepala departemen, khususnya yang membawahi Business Development adalah yang berkaitan dengan digital lending, mengingat bisnis utama PT Pegadaian bergerak di sektor tersebut.

Dengan demikian, uraian tugasnya meliputi menyusun strategi pengembangan bisnis Digital Lending, menciptakan peluang bisnis Digital Lending, mengawasi dan melakukan evaluasi pencapaian kinerja produk digital lending, menyusun strategi pemasaran baik offline maupun digital, menyusun strategi penjualan, menyusun target pasar produk digital lending agar bisa mencapai target bisnis, menyusun Rencana Kerja dan anggaran tahunan, melaksanakan Performance management System (PMS), mengimplementasikan pengelolaan manajemen risiko di unit kerjanya, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik internal maupun eksternal.

Untuk bisa menjalankan semua tugas tersebut, seorang kepala departemen harus memiliki kualifikasi yang tinggi. Tentu jika dibandingkan dengan kualifikasi staf, kualifikasi dan wawasan yang diperlukan untuk menjadi seorang kepala departemen harus lebih luas lagi. Tentu tidak mudah mengisi posisi kepala departemen karena kamu diharuskan punya pengalaman yang mumpuni, dibuktikan dari lamanya pengalaman bekerja.

Kriteria Kepala Departemen

Seorang Kepala Departemen di bagian Business Development, misalnya, dituntut punya pendidikan minimal S1 dari perguruan tinggi dengan akreditasi baik, juga diharuskan punya pengalaman sebagai manager atau assistant manager dengan posisi yang sama minimal selama 5 tahun.

Seorang kepala departemen juga diwajibkan mampu menyusun strategi bisnis digital lending baik di di bidang perbankan, keuangan atau perusahaan fintech dan mampu menciptakan peluang bisnis, model bisnis dan use case opportunity dalam mengembangkan portofolio bisnis digital lending, dan melakukan profiling data nasabah.

Tentunya hal ini tidak dapat diampu jika seseorang belum pernah punya pengalaman dan memiliki kemampuan kepemimpinan untuk mengatur tim.

Seperti karyawan BUMN pada umumnya, seorang kepala departemen di PT Pegadaian juga mendapatkan keuntungan seperti gaji pokok dan tunjangan yang sepadan dengan tugasnya, mendapatkan bonus, asuransi kesehatan mandiri, serta mendapatkan pelatihan dan pengembangan pendidikan untuk bisa meningkatkan kapasitas karier di BUMN.

Bagi para pencari pekerjaan yang ingin mengetahui posisi karir di Pegadaian lainnya yang sedang dibuka, bisa mengunjungi website resmi PT Pegadaian atau platform vendor resmi iklan lowongan pekerjaan PT Pegadaian yang telah ditunjuk. Tidak perlu khawatir karena semua proses rekrutmen di PT Pegadaian dilakukan secara transparan dan tidak memungut biaya sedikit pun.

Ayo segera ajukan lamaran kamu sekarang juga. Semoga beruntung!