Rabu, Februari 16, 2022

Cara Mudah Daftar Shopee Affiliate


Saat ini siapa sih yang tidak kenal dengan Shopee? Sebuah marketplace besar di Indonesia yang memiliki banyak pengguna dan juga telah meluncurkan layanan Shopee Food. Dengan begitu berarti Shopee terus mengembangkan layanan yang terbaik untuk penggunanya. Terbaru, Shopee meluncurkan layanan yang tak kalah menariknya yaitu Shopee affiliate. Apakah itu?

Shopee Affiliate adalah program yang memungkinkan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus mempunyai stok barang yang di jual di platform Shopee. Dengan kata lain kita bisa turut memasarkan atau menjual barang-barang yang tersedia di Shopee tanpa harus diribetkan dengan stok barang, proses packing dan pengiriman.

Program seperti ini sangat cocok bagi kamu yang aktif di sosial media terlebih jika mempunyai banyak follower. Hal tersebut dikarenakan dengan memanfaatkan kekuatan sosial media dan pengaruh kamu terhadap follower yang kamu miliki, kamu bisa dengan mudah mempromosikan produk-produk yang ada di Shopee. Sampai sini terdengar sangat menarik kan?

Shopee Affiliate

Lalu, siapa yang bisa melakukan itu? Program ini terbuka untuk siapa saja dengan beberapa persyaratan yang tidak sulit, seperti syarat harus memiliki sosial media. Hari gini, siapa sih yang nggak mempunyai sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok atau Youtube. Hal tersebut sejalan dengan tujuan diluncurkannya program Shopee affiliate yaitu untuk memberikan penawaran penghasilan bagi content creator yang mempromosikan produk Shopee di sosial media.


Di samping sosial media di atas, blog juga bisa dijadikan sebagai media promosi produk untuk program Shopee Affiliate ini. Dan berikut adalah hal-hal yang patut dipahami dan diperhatikan saat ingin mendaftar afiliasi Shopee diantaranya yaitu :

  • Berlaku untuk produk dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star
  • Akun sosial media adalah milik pribadi, jadi bukan sosial media sebagai penjual atau toko
  • Akun sosial media aktif digunakan, memiliki konten yang unik dan original serta tidak dikunci
  • Akun sosial media tersebut harus tidak mengandung unsur pornografi, suku, agama, dan ras (SARA), dan juga tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia
  • Tidak mempromosikan produk-produk yang dilarang seperti rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, dan produk tidak original atau palsu

Tidak kalah penting untuk dimengerti adalah pencairan komisi yang dilakukan setiap dua minggu sekali. Dengan demikian tidak perlu lama menunggu untuk mencairkan komisi ya bro...

Cara Daftar Shopee Affiliate

Nah setelah mengetahui berbagai persyaratan di atas guna bergabung dalam program Shoppe Affiliate, sepertinya tidak ada kendala atau masalah yang cukup berarti kan ya. Nah sekarang adalah bagaimana cara daftar Shopee affiliate?

Sebelumnya siapkan terlebih dahulu nomor WhatsApp dan alamat email yang digunakan untuk mendaftar. Pastikan keduanya valid dan aktif ya bro karena nantinya keduanya akan digunakan untuk proses validasi data. Proses daftar Shoppe Affiliate adalah sebagai berikut ini :

  • Buka browser kemudian masuk ke halaman affiliate.shopee.co.id
  • Selanjutnya silahkan login menggunakan akun Shopee yang sudah kamu miliki
  • Jika belum memiliki akun, bisa dengan cara klik “Daftar” menggunakan nomor telepon yang dimiliki, kemudian ikuti saja langkah pembuatan akun sampai selesai
  • Setelah akun berhasil dibuat, klik opsi “Masuk sekarang”
  • Lanjutkan proses pendaftaran Shopee affiliate program dengan melengkapi seluruh formulir dengan benar
  • Masukkan kode 2PT8HLV jika diminta
  • Terakhir pilih opsi “Daftar”
  • Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses review dan validasi dari pihak Shopee. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 x 24 jam kerja

Jika proses review dan validasi dari pihak Shopee telah selesai dan disetujui, maka kamu akan menerima email pemberitahuan bahwa pengajuan formulirmu tersebut telah disetujui dan kamu sudah bisa memulai untuk menjalankan program ini.

Menjalankan Program Shopee Affiliate

Setelah pengajuan disetujui, maka kamu bisa memanfaatkan program Shopee Affiliate ini untuk menambah penghasilan kamu. Cara sederhananya adalah

  • Mencari barang atau produk yang ingin kamu promosikan ke teman-teman kamu
  • Salin atau copy link URL nya
  • Kamu juga bisa memanfaatkan custom link yang telah disediakan
  • Bagikan link tersebut di sosial media kamu

Kamu bisa mempromosikan produk sebanyak yang kamu inginkan dan selanjutnya kamu bisa memantau progress dari promosi tersebut serta pergerakan komisi pada dashboard Shopee Affiliate. Tertarik untuk segera bergabung?