Cara Submit Sitemap dan Atom Ke Google Webmaster



Cara Submit Sitemap dan Atom Ke Google Webmaster - Memiliki blog atau beberapa blog dengan konten yang menarik dan original memang sangatlah menyenangkan. Biasanya blog dengan kategori yang begitu memiliki pengunjung yang bejibun dan betah berlama-lama untuk berselancar menyusuri artikel-artikel yang tersedia dan juga mempunyai posisi SERP yang bagus. 
Namun coba bayangkan, jika memiliki blog yang artikelnya fantastis dan original namun tidak memiliki pengunjung hanya dikarenakan artikel-artikel blog nya tidak terindex oleh Google? Sayang sekali pastinya ya. Baca juga cara membuat sitemap blog amp.

Atau bagi para Blogger yang benar-benar baru memulai belajar menulis di blognya namun memiliki materi yang original dan bermanfaat bagi orang banyak, ada baiknya berkenalan juga dengan Google Webmaster.

Namun hal tersebut bisa dihindari dengan hanya melakukan usaha kecil yaitu dengan submit sitemap atau peta situs ke Google Webmaster. Sitemap atau juga di kenal peta situs bagi blogger adalah hal yang paling utama yang bisa dilakukan untuk kemajuan dan masa depan.

Oleh karena itu submit sitemap atau peta situs blog ke google webmaster tools dan ini sangat di anjurkan sekali terlebih bagi blogger yang masih pemula maupun untuk blog yang baru saja di buat. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar blog bisa lebih dikenali dan cepat tampil di halaman pencarian google. Lalu, apa sih sitemap itu?


Cara Submit Sitemap dan Atom Ke Google Webmaster

Sitemap atau peta situs ini adalah sebuah file xml yang berisikan URL blog yang mana file ini sangat membantu sekali bagi bot crawler untuk menemukan dan merayapi semua artikel / url blog. Sederhananya, sitemap adalah indexs secara lengkap untuk blog agar memudahkan robot google merayapi sebuah situs, mengenali dan menampilkan sebuah blog pada pencarian google.

Sitemap juga menyediakan data-data dari link tersebut dan dengan submit berarti mengijinkan crawler untuk menjelajahi semua URL yang ada di dalam sebuah blog, kemudian melakukan analisa pada masing- masing URL termasuk juga terhadap metadata yang menyertainya. Baca juga cara mendapatkan uang dari accesstrade

Mengingat akan pentingnya submit sitemap ini, maka akan sangat penting situs atau blog didaftarkan ke Google Webmaster Tools supaya cepat terindex oleh google. Dan dengan cara ini juga bisa meningkatkan kekuatan SEO sebuah blog yang tentunya langkah yang paling murah, mudah, dan ampuh.

Bagaimana Caranya?

Untuk melakukan submit sitemap ke google webmaster caranya sangat sederhana, setelah sebelumnya telah mendaftarkan blog pada Google Webmaster maka kemudian tinggal melakukan hal berikut ini:
  • Kunjungi Google Webmaster Tools.
  • Jika yang telah terdaftar lebih dari 1 blog, maka pilihlah blog yang ingin dilakukan optimasi sitemapnya.
  • Selanjutnya pada dashboard, pilih Crawl lalu klik SitemapsAkan muncul tampilan sitemaps.
  • Kemudian perhatikan pada pojok kanan atas, dan pilih / klik kotak berwarna merah yang bertuliskan Add/Test Sitemap. Setelah itu, masukkan kode-kode yang ada di bawah ini dan klik Submit Sitemap. 
  • feeds/posts/default?orderby=updated 
  • sitemap.xml
  • Selesai. Jika telah berhasil mengirimkan kedua kode di atas, google membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk melakukan peng-index-an pada blog. Namun bisa jadi lebih cepat dari waktu tersebut.

Selain dua kode tersebut di atas, blog juga bisa di optimasi dengan menambahkan kode-kode di bawah ini, terlebih untuk blog yang telah memiliki artikel yang banyak yaitu di atas 500 artikel atau bahkan ribuan artikel. Lakukan submit satu per satu kode di bawah ini dengan cara sama seperti cara di atas :
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=1500
  • Dan seterusnya dengan kelipatan 500.
Dengan menetapkan dan melakukan metode tersebut, maka blog akan jauh lebih di mata mesin pencari Google dan juga lebih SEO Frendly. Submit sitemap ini berpeluang untuk mendatangkan trafik lebih banyak menuju blog karena jika jumlah crawl semakin banyak, maka semakin banyak pula keyword yang diarahkan kepada blog tersebut. Baca juga Cara Mudah Cek Skor SEO Blog.

Oleh karena itu, jangan bosan-bosan ya untuk terus update artikel yang fresh di blog. Nah, demikianlah sedikit tips agar blog lebih cepat di kenal oleh Google, dan akhirnya admin mengucapkan terimakasih telah membaca artikel Cara Submit Sitemap dan Atom Ke Google Webmaster.