Cara Mudah Test Template Mobile Friendly Di Google dan Bing



Cara Mudah Test Mobile Friendly di Google dan Bing. Tes ramah selular atau responsive adalah tes wajib buat mengetahui apakah template yang diterapkan pada blog atau website tersebut bisa sempurna di buka di versi selular atau belum, dengan kata lain responsive.

Hal ini penting mengingat semakin meningkatnya pengguna mobile selular belakangan ini dan akan terus bertambah penggunanya di kemudian hari nanti.

Jika template yang dipakai oleh sebuah blog itu mendukung tampilan selular, maka semua konten akan bisa terbuka secara sempurna bila di akses melalui smartphone. Tampilan tidak rusak dan informasi yang ada di dalam blog bisa tersampaikan dengan baik kepada para pengunjung. Baca juga Aplikasi terbaik untuk pulsa gratis di Android.

Dengan begitu pengunjung mobile akan merasa betah dan nyaman ketika menjelajahi blog kita, apalagi konten atau artikel yang disajikan sangat bermanfaat dan berkualitas.

Google webmaster dan Bing webmaster sudah menyediakan tool untuk tes ini, sehingga memudahkan para blogger untuk menilai bagus tidaknya template yang dipakainya. Silahkan baca juga Inilah Template AMP Terbaik Untuk Blogger.

Cara Mudah Test Template Mobile Friendly

Jika memang belum ramah selular ada baiknya segera diperbaiki agar blog atau website bagus di mata google dan bing atau di mesin telusur lainnya.

Lalu bagaimana caranya Kang?

Telah banyak tutorial yang beredar mengenai hal ini, tapi baiklah secara awam aka saya sampaikan agar tidak penasaran langsung saja kita mulai untuk melakukan tes tersebut. 2 tool di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan tersebut, yaitu :

1. Google Webmaster

Kita bisa memanfaatkan tool dari google untuk mengetahui hasinya. Langkahnya langsung saja menuju ke google webmaster :

Keterangan :
  • Masukkan URL alamat blog
  • Klik Analize
  • Lihat hasilnya dibawahnya.

2. Bing Webmaster

Langkah nya hampir sama dengan test mobile friendly di google webmaster, untuk test mobile friendliness ( bing menyebutnya demikian ) langsung menuju ke dashboard bing webmaster.

Dengan begitu kita menjadi tau apakah template yang kita pasang ramah  responsive terhadap browser selular atau tidak, agar suatu blog atau website lebih bagus SERP nya. Ternyata mudah ya. Demikian artikel sederhana tentang cara mudah tes template mobile friendly. Semoga bermanfaat.