Cara Cek Dan Mengetahui Broken Link Dalam Blog



Cara Cek Dan Mengetahui Broken Link Dalam Blog. Sebelum saya bahas lebih jauh mengenai cara cek dan mengetahui broken link dalam blog, ada baiknya dipahami terlebih dahulu mengenai apa itu broken link dan apa saja penyebabnya.

Seberapa penting mengetahui broken link itu?

Seberapa penting mengetahui broken link dan seberapa urgent memperbaikinya adalah untuk "kesehatan" blog itu sendiri. Salah satu alasan untuk memperbaiki broken link adalah karena google jadi "males" mengindeks blog atau website yang kedapatan ada atau banyak broken link di dalamnya.

Hal ini dikarenakan google ingin selalu memberikan dan menyuguhkan hasil pencarian yang berkualitas dan optimal. Ga lucu kan kalau ada artikel di halaman pertama pencarian google, begitu di klik ternyata halaman tidak di ketemukan.

Demikian juga dari sisi pengunjung, pasti akan segera meninggalkan blog jika ketika mencari informasi yang di perlukan ternyata tidak di ketemukan. Adapun adanya broken link bisa terjadi oleh beberapa hal, misalnya salah dalam penulisan URL, domain yang tidak di perpanjang / expired, postingan yang sudah dihapus, dll.

Jadi, apakah harus cek satu per satu link tautan yang ada dalam blog agar bisa mengetahui apakah terdapat broken link atau tidak?

Jawabannya adalah tidak perlu, kalaupun perlu pastilah sangat repot dan njlimet , terlebih blog yang sudah memiliki ribuan postingan dan banyak menautkan internal link. karena hal tersebut bisa di cek secara cepat dan mudah.

Cara Cek Dan Mengetahui Broken Link Dalam Blog

Berikut ada beberapa tool yang bisa dimanfaatkan guna keperluan tersebut. Mari kita simak satu per satu yaitu :

1. Online Broken Link Checker

Langsung saja menuju TKP Online Broken Link Checker dan masukkan URL blog atau website yang akan di cek ada tidak nya broken link.
  • Kemudian klik tombol Find broken links 
  • Masukkan security code yang ditampilkan pada kolomnya
  • Lanjutkan dengan klik tombol Find broken links now 
  • Tunggu beberapa saat prosesnya, dan hasilnya akan segera di tampilkan Cara Cek Broken Link 

2. Dr Link Check

Opsi yang kedua menggunakan Dr Link Check. Langkah-langkahnya tidak berbeda jauh dari opsi yang pertama.
  • Langsung saja menuju ke Dr Link Check 
  • Masukkan URL alamat blog atau website yang akan di cek, kemudian klik tombol Start 
  • Tunggu prosesnya beberapa saat, kemudian akan ditampilkan resume hasilnya 

Jika ditemukan adanya broken link, silahkan untuk segera memperbaikinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar blog atau website selalu tampil terpercaya dengan tidak adanya broken link.

Jika blog atau website bagus di mesin pencari, maka akan mudah untuk memonetisasi blog/website tersebut, baca cara menghasilkan uang dari blog.

Demikian artikel sederhana tentang cara cek dan mengetahui broken link dalam blog. Semoga bermanfaat.