Cara Membuat Halaman Daftar Isi Blog Dengan Mudah



Cara membuat daftar isi dengan mudah. Sebagai pelengkap dalam sebuah blog agar mempermudah para pengunjungnya, maka dibutuhkanlah sebuah daftar isi yang menggambarkan apa sih yang sebenarnya "dihidangkan" dalam blog tersebut.

Daftar isi atau kata lainnya sitemap atau peta situs bukan hanya mempermudah pengunjung dalam mencari artikel di sebuah blog, namun juga berfungsi untuk membantu mempermudah robot perayapan google. Silahkan baca juga Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi Untuk Blog AMP.

Cara Membuat Daftar Isi Blog Dengan Mudah

Lalu bagaimana buatnya? Apa di tulis per judul artikel seperti layaknya daftar isi sebuah buku? kalau nanti update artikel baru, lalu ditambahkan ke dalam daftar isinya? Atau di buatkan diagram hierarki nya gitu?

Seperti halnya sebelumnya sudah saya terbitkan cara mudah membuat disclaimer blog, nah sekarang ga perlu repot - repot seperti itu lah ya, karena sudah ada tool yang memudahkan dalam membuat daftar isi atau sitemap. Hanya dalam beberapa langkah saja daftar isi sudah bisa di sajikan.

Lalu bagaimana cara membuat daftar isi dengan mudah? 

Pertama masuk ke dashboard blogger > laman > buat laman baru :

Kemudian isikan judulnya, misal daftar isi, peta situs, sitemap, atau yang lainnya. Lalu pilih mode HTML. Selanjutnya copy kode HTML dibawah ini :
<script src="http://me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://kangagos.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
Selanjutnya paste-kan di mode HTML tadi. Ganti tulisan warna merah dengan alamat URL blog kamu. Langkah terakhir adalah publikasikan dan cek hasilnya.

Disamping itu bila blog/website akan didaftarkan ke Google Adsense, ada baiknya juga dilengkapi dengan laman kontak saya yang berguna untuk memberi kemudahan berinteraksi antara pemilik blog dengan visitor blognya. Bisa dibaca cara mudah membuat laman kontak saya.

Sedikit saran untuk keperluan pendaftaran ke jaringan periklanan Google Adsense, minimal blog atau website di lengkapi dengan laman about us, kontak saya, daftar isi atau disclaimer, provacy policy, dan ToS.

Nah untuk sahabat Kangagos yang telah menggunakan template AMP dan belum mempunyai halaman statis untuk kontak, bisa menggunakan Cara Ini.

Demikian sedikit kata-kata tentang cara membuat daftar isi / sitemap blog dengan mudah. Semoga bermanfaat.