Jumat, November 04, 2022

Sumpah Serapah yang Lumrah?


Entah mengapa, belakangan ini cukup mudah untuk menemukan kata-kata sumpah serapah atau kata makian di sekitar kita. Ooppss, sepertinya sih bukan sumpah serapah yang nyumpah-nyumpahin gitu ya, tapi mungkin lebih ke umpatan kali ya.

Kata-kata hewan berkaki empat yang dijaman era tahun delapan puluhan atau sembilan puluhan terlalu tabu untuk diucapkan, kini seakan terasa ringan sekali saat mengucapkannya. Meskipun biasanya itu terucap saat bercanda atau guyonan di circle mereka yang menandakan keakraban dan terasa gayeng.



Sumpah Serapah yang Lumrah

Mungkin umpatan hewan berkaki empat sebelumnya juga sudah terasa familiar ya, yang mana diplesetkan menjadi kata anj*r. Kata anj*r ini masih terdengar sering digunakan hingga sekarang. Namun tak jarang kita dengar yang diucapkan secara jelas sesuai dengan namanya yaitu anj**g.

Sekali lagi itu biasanya terjadi didalam sebuah circle pertemanan yang diartikan sebagai bentuk persahabatan dan keguyuban. Karena jika diucapkan secara sembarangan, misal diucapkan kepada seseorang yang tidak dikenal tidak menutup kemungkinan akan bisa menjadi masalah yang serius.

Di media sosial juga sangat mudah kita temui dan dengar kata umpatan seperti anj**g atau as* yang diucapkan oleh segala kalangan usia, baik oleh anak muda maupun dewasa. Mungkin jamannya yang sudah berubah dan setiap jaman yang berjalan ada tantangan-tantangan tersendiri. Dan pasti akan ada tantangan-tangan baru di jaman mendatang yang mana akan menjadi jaman anak cucu kita kelak.