Senin, April 05, 2021

Mau Import Barang Dari China? Baca Dulu yang ini


Apakah kamu sedang tertarik untuk melakukan import barang dari China, namun masih bingung bagaimana cara atau langkah-langkah import dari China? Di artikel ini kamu akan segera mendapatkan jawabannya secara lengkap, silahkan simak sampai akhir ya.

Menjalani bisnis import, yang mana melakukan pembelian barang di luar negeri untuk kemudian dijual kembali di Indonesia memang semakin digemari dan diminati. Tak terkecuali oleh para enterpreneur muda yang sedang mengawali dan menekuni dunia bisnis. Kepopuleran bisnis import barang ini tak luput juga dari perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga mempermudah untuk mendapatkan akses informasi secara global. Nah, mengapa bisnis import barang ini sangat menarik?

Sebagai pembeli tentu akan sangat senang jika bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah namun dengan kualitas yang tidak asal-asalan. Jika diperhatikan, di toko online atau marketplace terdapat banyak barang-barang yang berharga murah sehingga seringkali menjadikan kalap belanja. Momen inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk melakukan bisnis import.

Pertanyaan yang timbul berikutnya adalah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan barang yang berkualitas namun dengan harga yang sangat murah sehingga bisa menjualnya kembali dengan harga yang kompetitif atau malah lebih miring dari harga pasaran?



Import Barang Dari China

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat melakukan import barang adalah terkait harga dan pengiriman barang. Hal ini dikarenakan tujuan dari bisnis ini adalah memperoleh keuntungan sehingga faktor harga menjadi sangat penting. Selain itu, faktor pengiriman barang juga perlu diperhatikan karena disini akan timbul biaya yang akan dimasukkan juga kedalam biaya produksi sehingga bisa mengkalkulasi harga jual barang tersebut. Merujuk dari dua kriteria tersebut, maka China bisa menjadi negara tujuan import yang menguntungkan. Mengapa demikian?

Karena China bisa memproduksi barang berkualitas bagus dengan biaya yang rendah, sehingga saat dijual lagi faktor harga masih bisa bersaing sehingga pelaku bisnis masih bisa mendapatkan untung dari sana. Penasaran bagaimana cara import barang dari China? Silahkan simak langkah-langkah import dari China yaitu :

1. Cara konvensional

Cara yang pertama adalah cara konvensional yaitu dengan datang secara langsung ke China untuk bertemu dengan pemilik produk (seller) guna membahas pembelian barang, metode pengiriman barang dan lainnya. Barang yang diimport bisa dalam skala kecil maupun skala besar karena pengiriman barang biasanya dilakukan melalui jalur laut.

Untuk itu sangat perlu untuk mengetahui dan memahami alur dan prosedur import barang melalui pelabuhan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

Dengan datang langsung ke China secara langsung, berarti juga bisa membeli barang-barang yang akan dibawa sendiri ke Indonesia. Mungkin tidak sebanyak kalau melalui jalur pelabuhan ya. Nah jika cara ini diterapkan maka jangan mengabaikan alur dan prosedur kebijakan pajak dan bea masuk ke Indonesia ya.

2. Melalui jasa importir online

Import barang dari China tidaklah harus datang secara langsung kesana, terlebih sekarang banyak jasa importir online yang siap membantu kebutuhan import barang dari China. Jika kita mencarinya di internet, terdapat banyak sekali situs-situs yang menawarkan jasa import.

Penting untuk dipastikan bahwa situs yang kita pilih tersebut adalah terpercaya dan profesional agar tidak menanggung kerugian di kemudian hari. Jasa importir online yang terpercaya dan profesional harus sudah paham aturan import barang dari China ke Indonesia, karena dari semua perizinan hingga pengiriman barang semuanya di urus oleh pihak mereka.

3. Melalui marketplace

Cara import barang dari China melalui marketplace sekarang ini menjadi pilihan favorit dari para importir. Karena cara ini menawarkan cara yang simple, efektif dan efisien yang bahkan import dari China bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Seperti apa sih?

Marketplace populer seperti Alibaba, Aliexpress, Taobao, 1688.com pasti kamu sudah tidak asing lagi. Nah marketplace-marketplace tersebut adalah marketplace favorit untuk berburu barang import.

Alibaba.com misalnya, marketplace yang sudah berdiri selama bertahun-tahun ini merupakan salah satu marketplace yang pertumbuhannya paling pesat di wilayah Asia. Belanja disini bisa berupa eceran dan grosir sehingga pembeli bebas menentukan jumlah barang yang akan dibeli. Alibaba juga mempermudah pembelinya dalam melakukan pembayaran dengan menyediakan beragam metode pembayaran, termasuk juga menerima pembayaran kartu kredit, paypal, dan western union.

Untuk situs Eliexpress, Taobao, 1688.com tak ubahnya seperti pada Alibaba yang menyediakan banyak sekali barang-barang kebutuhan dan terlaris di pasaran dengan harga yang murah. Selanjutnya, bagaimana cara pengiriman barangnya?


Antara Logistic

Import barang dari China makin mudah saja, selain mudah menemukan situs terpercaya untuk belanja barang seperti tersebut di atas, juga semakin dipermudah dengan adanya jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia dari Antara Logistic.

Antara Logistic merupakan perusahaan freight forwading dan kurir berbasis online yang membantu dalam proses pengiriman paket import dalam jumlah kecil maupun grosir. Untuk menunjang kelancaran import barang dari China, Antara Logistic melayani pengiriman barang baik melalui jalur udara dan juga jalur laut. Ini merupakan alternatif pilihan yang bagus bagi pelaku import guna memperhitungkan biaya pengiriman dalam harga jual barangnya. Adapun proses pengirimannya adalah sebagai berikut :

  • Registrasi terlebih dahulu melalui Whatsapp Official Antara Logistic yang akan dibantu oleh bagian marketing
  • Setelah registrasi berhasil maka akan menerima notifikasi sistem dan marking code sebagai identitas barang
  • Jika kamu sudah memiliki supplier, maka akan diberikan petunjuk alamat pengiriman Gudang Antara Logistic diluar negeri, sedangkan jika menggunakan jasa pembelian dari China, maka akan diarahkan untuk mengisi form order untuk jasa pembelian
  • Setelah barang diterima di gudang, Antara Logistic akan memberikan notifikasi barang tiba melalui Whatsapp maupun e-mail
  • Setelah barang tiba di gudang Jakarta, Antara Logistic akan menghubungi dan memberikan tagihan. Setelah itu barang akan dikirim ke alamat kamu.

Nah cukup mudah kan? Kini import barang dari China tidak pakai ribet karena telah ada markeptlace besar sebagai tujuan pembelian barang dan juga layanan dari Antara Logistic yang mendukung dan mempermudah urusan import. Berikut adalah alasan mengapa memilih Antara Logistic yaitu :

  • Terdapat pilihan pengiriman udara dan laut
  • Tidak butuh perijinan, karena menggunakan perijinan milik Antara Logistic secara gratis dengan jaminan barang keluar sampai ketempat tujuan
  • Konsultasi Gratis 24/7
  • Antara Logistic juga melayani jasa pencarian barang, negosisasi supplier hingga pembayaran
  • Mudah dan transparan terkait biaya import serta tidak ada biaya susulan
  • Jaminan barang tidak akan hilang, terdapat asuransi kehilangan barang sesuai dengan invoice nilai barang secara gratis
  • Live Tracking, fitur ini sangat berguna untuk memantau secara langsung posisi barang dan juga estimasi waktu sampai di Indonesia.

Nah sekarang tidak perlu bingung lagi, import barang dari China semakin mudah dengan dukungan teknologi dan juga layanan dari Antara Logistic. Tunggu apalagi, segera saja take action ya dan bersiap menjadi enterpreneur muda yang sukses.