Manfaat Bunga Sakura dan Keharuman yang Memikat


Apa yang lantas terpikirkan ketika kamu mendengar kata "Bunga Sakura"? Tidak salah jika kemudian kamu menambatkan pikiran pada negara Jepang karena bunga sakura ini sangat identik dengan negara tersebut.

Bunga sakura atau disebut juga dengan Prunus serrulata merupakan bunga yang mempunyai lima kelopak yang bermekaran di musim semi dan dijadikan sebagai simbol keanggunan, keindahan serta kelembutan. Selain keharumannya yang memikat, bunga sakura juga mempunyai kandungan-kandungan yang bermanfaat seperti antara lain fatty acid, melatonin antioksidan dan lainnya.

Bunga sakura juga bisa dinikmati dalam bentuk sajian makanan maupun minuman seperti pada sakura-yu atau sakura cha yang bunganya memiliki cita rasa yang lembut dan agak asin dapat dinikmati dalam bentuk minuman teh. Untuk bagian kelopak bunga sakura biasanya dijadikan taburan untuk macaroni, jeli, hingga meringue yang legit dan dapat memberikan tekstur rasa agar lebih rich.

Tak berhenti disitu saja, ternyata bunga sakura juga mempunya manfaat untuk hal kecantikan lho dan ini telah melalui penelitian para ahli. Penasaran apa saja manfaat bunga sakura ini? Mari kita simak.

Manfaat Bunga Sakura

Selain menciptakan image keindahan dan keharuman, bunga sakura ternyata menyimpan banyak manfaat lainnya lho. Penasaran apa saja sih manfaat dari bunga sakura ini, yuk simak yang di bawah ini :

1. Untuk melembapkan kulit

Ini terdengar sangat menarik terutama bagi kamu yang mempunyai kulit yang cenderung kering karena sangatlah penting untuk tetap menjaga kelembaban pada kulit kamu. Terlebih kita berada di Indonesia yang mempunyai cuaca yang cukup panas.

Nah bunga sakura ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan menjaga kelembaban kulit tersebut. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari bunga sakura yaitu asam lemak atau fatty acid. Dengan demikian penggunaan ini akan dapat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kolagen ini berfungsi untuk menjaga agar kulit selalu terjaga kelembaban, kelembutan dan juga kekenyalan kulit. Selain itu fungsi pada kandungan asam lemak juga akan memperbaiki jaringan tisu pada kulit yang mana untuk mempertahankan kondisi kulit agar tetap terasa lembut.


2. Menangkal radikal bebas

Bunga sakura juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Antioksidan ini bekerja untuk mencegah noda-noda hitam muncul pada area wajah. Selain itu bunga sakura juga mempunyai kandungan caffeic acid yang sangat berguna untuk membantu mencegah oksidasi yang berlebihan pada kulit.

3. Mencegah penuaan dini

Dari dua manfaat bunga sakura yang telah disebutkan di atas, dapat menjelaskan bahwa ekstrak bunga sakura ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini atau anti aging. Penuaan dini bisa terjadi karena adanya radikal bebas dan juga kurangnya jumlah kolagen pada kulit.

Bunga sakura selain dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas juga dapat membantu tercukupinya produksi kolagen berkat kandungan fatty acids dan anti-glycation agent sehingga kelembaban dan elastisitas kulit dapat tetap terjaga. Dengan demikian kamu bisa akan terlihat awet muda.

4. Mengecilkan pori-pori kulit

Tidak kalah pentingnya, bunga sakura juga bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah dan juga mencegah terjadinya kerutan lho. Tahu kan efeknya jika mempunyai pori-pori wajah yang besar?

Yup pori-pori wajah yang besar akan dapat memudahkan kotoran-kotoran masuk dan tertinggal didalamnya meskipun kita telah membersihkan wajah sehingga akan meningkatkan peluang munculnya jerawat pada wajah. Bagi perempuan, memiliki pori-pori besar juga akan menjadikan kendala tersendiri saat menggunakan make-up.

5. Mencerahkan Wajah

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit wajah yang cerah? Rasanya semua orang sangat mendambakannya ya baik laki-laki maupun perempuan. Kulit wajah yang cerah akan menjadikan terlihat lebih menarik dan energik.

Manfaat bunga sakura selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah karena dapat mencegah terjadinya pigmentasi kulit serta menghindarikan produksi melanin berlebihan pada kulit yang akan bisa mengakibatkan terjadinya hiperpigmentasi.

6. Mengatasi Sunburn

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang sangat bagus untuk kulit kita. Sinar UV yang ada pada matahari juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Namun semua hal yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga terlalu lama terkena paparan sinar matahari juga tidak baik untuk kesehatan kulit kita.

Terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari dapat menyebabkan iritasi, sunburn dan juga dapat memicu terjadinya kanker kulit. untuk mencegahnya kita bisa memanfaatkan ekstrak bunga sakura karena mempunyai efek anti inflamasi (varietas Prunus yedoensis) dan juga bisa menenangkan kulit.

Menikmati keharuman bunga sakura

Tentu terasa sangat menyenangkan jika kita bisa menyusuri jalanan yang mana di kanan dan kiri terdapat pohon-pohon sakura yang bermekaran dan menikmati keindahan serta keharumannya. Namun kini tidak perlu terbang ke Jepang untuk bisa menikmati keharuman bunga sakura, karena kita bisa menikmati disini dan bahkan tiap hari kita bisa selalu berdampingan dengan keharuman bunga sakura.

Menilik manfaat bunga sakura di atas, maka tak heran jika ekstrak bunga sakura ini dapat ditemukan pada produk-produk kosmetik misalnya pada produk skincare, sabun dan lainnya.

Yang terbaru keharuman bunga sakura ini bisa kita temukan pada salah satu produk rumah tangga yaitu Rinso Molto Detergen Cair Japanese Peach yang memanfaatkan ekstrak sakura dalam varian khusus yang lebih mewah.

Dengan penggunaan teknologi Double Clean Fresh maka produk deterjen ini tidak hanya handal dalam mengatasi noda yang membandel karena bisa dua kali lebih efektif mengatasinya dibandingkan dengan produk lain. Selain itu produk ini merupakan produk deterjen pertama yang hadir dengan menawarkan aroma kesegaran ala Jepang sehingga kita tidak perlu ke Jepang untuk bisa menikmati keharuman dari bunga sakura ini.

Rinso Molto Detergen Cair Japanese Peach merupakan kombinasi antara bunga sakura dan buah peach yang menciptakan kelembutan yang elegan dan juga memberikan efek refreshing yang menenangkan.

Jadi dengan menggunakan deterjen Rinso Molto Detergen Cair Japanese Peach maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan yaitu pakaian akan terbebas bakteri dan bau-bau yang tidak sedap, sekaligus juga memberikan keharuman parfum pakaian yang mewah. Kamu sudah memakainya?