Cara Memilih Souvenir yang Tepat


Cara Memilih Souvenir yang Tepat - Souvenir merupakan cindera mata yang diperuntukkan sebagai ungkapan rasa terimakasih dan juga sebagai kenang-kenangan atas suatu acara atau momen yang diadakan. Pemberian souvenir bisa kita lihat seperti pada acara pesta ulang tahun, pernikahan, acara syukuran, seminar, program promosi perusahaan, dan lainnya.

Barang yang digunakan untuk souvenir juga bermacam-macam seperti handuk, tempat pensil, botol minum, box makan, dan lain-lain. Nah kira-kira bagaimana ya cara memilih souvenir yang tepat itu?

Bagaimana cara membeli barang-barang souvenir?

Untuk memilih dan membeli barang untuk keperluan souvenir sebuah acara bisa dengan cara mencari toko-toko yang menyediakan barang souvenir yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Cara ini memang terasa akan sangat memakan waktu dan tenaga, namun dengan cara ini kita bisa melihat, merasakan dan menilai kualitas barang yang tersedia.

Tidak ada masalah jika saat pertama mengunjungi toko souvenir, langsung ada barang yang cocok dan deal dengan harga yang ditawarkan. Namun akan lebih repot lagi jika mengharuskan keluar masuk toko souvenir yang satu ke toko souvenir yang lainnya untuk mendapatkan barang souvenir yang cocok.

Selain cara diatas, kita bisa mendapatkan barang untuk souvenir secara online. Keuntungan dengan cara yang kedua ini adalah kita bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya karena pencarian barang tersebut bisa melalui laptop atau smartphone.


Untuk membandingkan barang dan harga antara toko souvenir online satu dan lainnya juga lebih mudah dilakukan. Sedikit tips bagi kamu yang memutuskan untuk membeli barang souvenir secara online agar transaksi aman dan nyaman yaitu :

  • Mempunyai blog atau website yang bukan gratisan
  • Ada "display" barang yang lengkap dan detil pada blog atau website-nya
  • Jika ada toko offline akan lebih baik, namun tidak mutlak. Setidaknya ada titik lokasi pada Google map
  • Mempunyai reputasi yang baik, ini bisa di cek pada blog/website dan juga di sosial media

Nah agar souvenir yang dibagikan nantinya bisa bermanfaat dan tidak terkesan menghamburkan uang, maka sebaiknya memilih souvenir yang tepat guna. Silahkan baca juga souvenir tumbler murah.

Tips memilih souvenir yang tepat

Akan lebih baik lagi jika barang yang sebagai souvenir tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga akan awet dan masa penggunaannya yang panjang.

Pemberi souvenir juga akan merasa senang jika souvenir yang dibagikan tersebut bernilai manfaat dan digunakan oleh penerima souvenir. Untuk itu berikut tips memilih souvenir yang tepat untuk beragam acara yaitu :


source pic : Pixabay

1. Sesuaikan dengan acara

Souvenir tidak terbatas hanya pada acara pernikahan saja, bisa dalam acara ulang tahun, seminar dan lain-lain. Untuk itu sesuaikan barang souvenir dengan acara yang digelar.

Selain itu juga bisa dipertimbangkan dari sisi usia undangan yang akan hadir. Misalnya acara ulang tahun anak yang dihadiri oleh teman-teman anak yang berusia antara lima tahun hingga sepuluh tahun, maka pilihlah souvenir yang disukai oleh kalangan anak-anak.

2. Pilih souvenir yang bermanfaat

Dengan banyaknya alternatif pilihan barang souvenir malah membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Untuk itu agar tetap fokus pada pemilihan barang souvenir yang bernilai manfaat dan tidak hanya digunakan sekali dua kali saja setelah itu dibuang.

Pemilihan souvenir seperti botol minum atau tumbler, handuk, mug, tempat pensil bisa menjadi pilihan karena bisa bermanfaat bagi penerima souvenir dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Sesuaikan jumlah dan budget

Untuk menentukan jumlah souvenir yang akan dipesan adalah dengan mempertimbangkan jumlah tamu yang diundang. Untuk menghindari kekurangan souvenir maka pesanan souvenir sebaiknya sedikit lebih banyak dari daftar tamu undangan.

Hal tersebut tentunya juga tidak terlepas dari budget atau anggaran dana untuk alokasi barang souvenir, misalnya menetapkan harga per souvenirnya berkisar antara lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah. Biasanya untuk pembelian dalam jumlah besar kemungkinan akan mendapatkan harga diskon, oleh karena itu tidak perlu sungkan untuk menanyakan hal tersebut. Namun jangan sampai karena mengejar harga murah akhirnya memilih barang tidak berkualitas dan tidak bermanfaat. Jadi sia-sia belaka kan.

4. Banyak mencari informasi dan referensi

Setelah menentukan anggaran harga untuk satu barang souvenir, maka selanjutnya adalah melakukan "pemburuan" barang souvenir ke toko-toko yang menjual souvenir.

Selain berburu barang souvenir di toko-toko offline juga bisa mencarinya secara online selama proses transaksinya aman dan terpercaya.

Rajinlah mengumpulkan informasi dan referensi bisa dari teman, saudara, atau bisa juga dari internet terkait dengan toko souvenir yang recomended. Pengumpulan informasi ini meliputi barang yang tersedia, kualitas barang, waktu pengerjaan, dan juga proses pengirimannya.

5. Tambahkan hiasan

Untuk menghadirkan barang souvenir yang lebih cantik tidak ada salahnya untuk menambahkan hiasan-hiasan kecil pada barang souvenir tersebut. Misalnya souvenir box makan di hias dengan pita agar lebih cantik dan menarik yang berarti juga menghargai tamu undangan yang sudah hadir dengan meluangkan waktunya. Penambahan ini bisa dilakukan sendiri namun jika dirasa repot bisa memintanya untuk dikerjakan sekalian oleh toko souvenir yang dipilih.

6. Penambahan nama atau acara

Pada sisi barang souvenir bisa juga ditambahkan nama atau acara misalnya nama mempelai. Namun perlu diperhatikan juga dalam penambahan nama atau acara ini, sebaiknya ditulis dalam ukuran yang tidak terlalu besar karena bisa membuat orang enggan menggunakan souvenir tersebut dalam aktifitasnya.

Nah demikian beberapa tips memilih souvenir yang tepat untuk berbagai acara agar lebih bermanfaat dan tidak terbuang begitu saja. Untuk informasi menarik lainnya silahkan cek di bawah ini :