Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia, Pilih Mana?



Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia, Pilih Mana? - Dewasa ini semakin banyak ditemukan varian pilihan jenis mobil yang membuat semakin mudah calon pembeli untuk memilih, menentukan, dan memutuskan jenis mobil yang akan dipilih seusai dengan keperlun dan kebutuhan.
Nah, berhubung saya lagi mencari perbandingan antara mobil Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio, maka sekalian saja saya tuliskan disini.

Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia

Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio adalah jenis mobil MPV yang memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai mobil penumpang dan sekaligus bisa juga untuk barang / niaga. Meskipun di desain untuk keperluan niaga namun kedua pabrikan ini tidak mengesampingkan segi kenyamanan dan ergonomis bagi penumpang. Seperti apa sih perbandingan diantara keduana? Hyuk kita simak.

Oke kita mulai dari dimensi kedua mobil ini. Luxio memiliki tinggi 1.915mm, sedangkan Evalia memiliki tinggi 1.850mm, jadi dalam hal mengangkut barang, Luxio mempunyai peluang lebih banyak untuk mengangkut barang. Wheelbase dari Evalia yang sepanjang 2.725mm, lebih panjang dari Luxio yang mempunyai panjang 2.650mm. 

Kedua MPV ini mempunyai ruang yang cukup untuk mengangkut barang dan jika membutuhkan space extra, bangku tengahnya bisa dilipat juga. Namun pada Evalia Joknya tidak bisa diatur untuk maju mundur. Baca juga Vivagoal Situs Berita Bola Terkini.

Mesin 
Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio memiliki kesamaan pada kapasitas mesin yaitu 1,5 Liter 4 silinder, atau secara detilnya untuk Luxio 1.495cc dan Evalia 1.498cc, keduanya bertransmisi automatic. Rumor yang beredar, mesin yang digunakan pada Luxio adalah mesin yang juga digunakan di Terios.

Dengan 97 hp dan torsi sebesar 134 Nm, memberikan kecepatan yang baik, dimana mobil ini bisa menempuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 16,7 detik. Sementara pada Nissan Evalia sendiri, dengan kapasitas mesin 1.498cc ternyata mampu menuliskan rekor lebih baik daripada Luxio, yaitu menyentuh kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 14,7 detik.

Desain
Desain pada eksterior Evalia terlihat lebih modern dan aerodinamis serta terlihat berkelas. Kalau Luxio sekilas jadi teringt saudara tuanya yaitu Grand Max. meskipun secara detilnya sangat berbeda dengan Grand Max. Baca juga Travel Malang Juanda Pilih Nahwa Travel Bukan yang Lain.

Menilik dari sisi interior, desain dashboard Luxio yang elegan dan dibalut dengan warna yang kalem lebih menimbulkan kesan mewah dibanding dengan Evalia. Namun secara keseluruhan, kedua mobil ini memiliki keunggulan interior sendiri-sendiri yang bisa dikatakan mewah.

Fitur
Luxio dibekali fitur andalan yang terdaat pada dashboard, berupa Audio double DIN touchscreen, yang disertai colokan USB dan AUX-IN. Pada Evalia sepertinya tidak mau kalah, di seri paling mahalnya, Evalia juga melengkapi dashboard dengan fitur parking cam (kamera parkir) saat transmisi dipindah ke R.

Evalia sedikit kalah atas Luxio karena tidak dilengkapi power window di jendela pintu belakang, namun digantikan dengan kaca geser yang terlihat unik dengan berbentuk kotak di tengah.

Konsumsi BBM

Kapasitas bahan bakar Evalia memuat lebih banyak bahan bakar yaitu 55 Liter sedangkan pada Luxio hanya dibekali kapasitas tangki 43 Liter, menjadikan intensitas pengisian bahan bakar pada Luxio lebih tinggi dibandigkan dengan Evalia. Silahkan baca juga : Travel Malang Juanda, Zhafira Trans Solusinya.

Untuk konsumsi BBM Evalia sedikit lebih baik dibanding Luxio. Pada Evalia seliternya bisa menempuh jarak sampai 16,7 km untuk penggunaan luar kota dan 11,5 km di penggunaan dalam kota. Sementara Luxio seliternya dihabiskan sampai 13,9 km untuk penggunaan luar kota dan dihabiskan pada jarak 10,1 km untuk penggunaan dalam kota.

Demikian tadi sedikit perbandingan antara MPV Daihatsu Luxio dengan Nissan Evalia. Menurut pengalaman, menggunakan Luxio single driver dari Semarang menuju Bandung terasa nyaman dan tidak panas di jok. Mungkin karena efek dari AC doube blowernya yang tergolong dingin. Baca juga Rental Mobil Malang di NAYFA Trans dan Nissan X-TRAIL Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman. Terimakasih telah membaca artikel Daihatsu Luxio vs Nissan Evalia, Pilih Mana?.