Senin, Oktober 25, 2021

Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja yang Tepat


Mencari kandidat pekerja memang bukan hal mudah karena berkaitan dengan kemajuan perusahaan di masa mendatang. Untuk itulah dibutuhkan platform hiring terbaik dengan teknologi canggih demi meningkatkan efisiensi proses rekrutmen yang sedang dijalankan oleh perusahaan.

Teknologi untuk Mencari Kandidat Pekerja

Seiring meningkatnya kebutuhan manusia, teknologi juga berkembang semakin canggih. Beberapa di antaranya sengaja dibuat untuk mempermudah perusahaan dalam mencari kandidat atau calon pekerja yang tepat. Adapun teknologi yang cukup direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah:

1. Crowdsource Recruitment

Teknologi ini bisa digunakan untuk mencari kandidat yang berasal dari publik dengan proses yang sangat cepat. Selain itu, penyaringan kandidat yang memang dianggap potensial juga bisa disaring secara otomatis dengan teknologi tersebut tanpa perlu menyaring secara manual.

Teknologi ini bisa bekerja dengan maksimal karena sudah menggunakan Artificial Intelligence atau AI yang efektif menyaring kandidat secara lebih transparan.


2. Application Tracking System (ATS)

Jika dilihat secara keseluruhan, teknologi ini sudah digunakan oleh sebagian besar recruiter karena penggunaanya yang mudah dengan hasil sangat sistematis. Teknologi ini bisa digunakan sejak pertama kali memasang iklan lowongan kerja pada website perusahaan yang bersangkutan.

Bahkan pada tahap seleksi hingga pemberian notifikasi secara email kepada pelamar bisa dilakukan secara otomatis oleh teknologi ATS tanpa perlu repot mengirim manual satu per satu.

3. Online Assessment

Online Assessment berkaitan dengan kualitas dari kandidat yang akan dipilih oleh perusahaan. Penilaian yang bisa didapatkan dari teknologi ini meliputi karakter serta keterampilan kandidat yang paling relevan.

Selanjutnya, ada skor otomatis yang muncul dari teknologi tersebut. Nilai berupa skor inilah yang nantinya dijadikan pertimbangan oleh recruiter dalam memilih kandidat yang dianggap paling sesuai dan memenuhi skor yang diinginkan.

Dengan teknologi Online Assessment, maka objektivitas dalam proses rekrutmen bisa lebih terjamin meski penilaiannya tidak terpaku pada CV.

4. Chatbots

Dari namanya saja, teknologi ini sudah bisa dikenali sebagai cara merekrut kandidat dengan melakukan obrolan atau interaksi yang sifatnya timbal balik. Jadi saat ada kandidat yang menanyakan tentang suatu hal terkait pekerjaan, teknologi Chatbots bisa merespon secara otomatis dan tentunya tepat.

Teknologi ini menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin memberikan pengalaman terbaik kepada kandidat selama berada dalam proses rekrutmen, karena bisa menjaga komunikasi yang baik.

5. Employer Background Check

Teknologi yang satu ini berguna untuk melakukan pengecekan latar belakang dari para karyawan baru atau kandidat yang ingin masuk ke perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa memilih kandidat yang latar belakangnya paling sesuai.

Beberapa latar belakang yang biasa dicek meliputi pendidikan, riwayat pekerjaan, catatan mengemudi, hingga catatan kriminal.

6. Virtual Assessment Center

Virtual Assessment Center dirancang untuk mengetahui dan mengukur kompetensi dan keterampilan tertentu yang dibutuhkan perusahaan.

Jadi, segala informasi terkait hal tersebut yang biasa diketahui secara langsung akan dirangkum secara digital. Misalnya kemampuan kognitif, simulator studi kasus, hingga berbagai inventaris kepribadian lainnya.

Sebagian besar teknologi yang dipakai mencari kandidat pekerja sudah dilengkapi dengan AI. Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan tool Shortlyst yang sudah menggunakan algoritma AI agar lebih efisien.

Tools ini sudah dilengkapi database hingga 600 juta profil dari berbagai penjuru dunia sehingga bisa menemukan kandidat terbaik dengan lebih mudah.

Selain itu, di dalamnya juga sudah ada fitur pendukung yang menarik dan mendukung perekrutan seperti bekerja dalam tim. Hebatnya lagi, tools ini bisa diintegrasikan dengan beberapa akun online seperti email dan WhatsApp.

Bagi Anda yang bertugas sebagai recruiter di perusahaan ternama, tentu macam-macam teknologi di atas harus bisa dipahami dan digunakan sebaik mungkin agar mendapat kandidat perusahaan berkualitas.