Demam Melanda, Air Putih Obatnya


Demam Melanda, Air Putih Obatnya - Dalam kehidupan sehari-hari tentu banyak orang yang seringkali mengalami sakit atau demam. Hal ini sangat wajar karena manusia memiliki aktivitas, apalagi jika aktivitasnya cukup tinggi sehingga lupa akan kebutuhan tubuh, salah satunya adalah air.

Air menjadi sangat penting karena air termasuk cairan yang dibutuhkan tubuh agar metabolisme tetap seimbang.

Namun kadang seringkali kita lupa untuk konsumsi air yang cukup karena kesibukan kita yang terlalu padat. Ketika konsumsi air kita kurang maka yang terjadi adalah kurangnya kebutuhan cairan di dalam tubuh dan berakibat pada tidak lancarnya proses pembentukan metabolisme tubuh. Hal ini yang kemudian dapat menyebabkan sakit demam.

Mengapa demikian? Mari kita coba ulas sekarang


Tubuh orang dewasa sedikit banyak membutuhkan air kisaran 60 persen, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut paling tidak seorang manusia dewasa harus minum air putih sebanyak 2 liter perhari atau hitungan kasarnya yaitu 8-11 gelas perhari.

Jika hal ini tidak dilakukan maka yang terjadi adalah kurangnya asupan air sehingga metabolisme tubuh tidak berjalan lancar, hal ini yang dapat mendatangkan penyakit.

Manfaat Minum Air Putih


Mungkin ada dari sebagian kita yang sedikit enggan atau kurang tertarik dengan memperbanyak minum air putih dan beranggapan bahwa lebih nikmat minum teh, kopi, sirup atau minuman bersoda. Apalagi di jaman sekarang minuman-minuman tersebut tersedia dalam banyak merk dan varian rasa sehingga sangat menggoda.

Dengan menikmati minuman tersebut dan dapat mengobati rasa haus dan dahaga sehingga mengabaikan atau lupa dengan minum air putih. Hal tersebut tentunya sangatlah tidak bagus mengingat betapa pentingnya air putih untuk kesehatan tubuh kita.

Mengonsumsi air putih juga tidak menimbulkan efek samping karena air putih tidak mengandung lemak, kalori, karbohidrat ataupun gula. Air putih yang bagus adalah air yang jernih tanpa campuran apapun, mempunyai kandungan mineral alami dan juga berasal dari sumber mata air yang alami. Adapun manfaat dari air putih antara lain adalah sebagai berikut :

1. Melumasi persendi dan otot

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka akan dapat menjaga kondisi kadar hormon dalam tubuh agar tetap seimbang. Selain itu juga dapat untuk menghindarkan kita dari ancaman dehidrasi dan bisa membuat persendian dan otot-otot menjadi lebih rileks.

Bila tubuh mengalami kekurangan cairan atau air putih maka dapat menyebabkan nyeri pada persendian yang pastinya akan sanggup mengganggu aktifitas dan rutinitas kita sehari-hari.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat saluran pencernaan dan usus menjalankan perannya dengan semestinya. Segala makanan yang dikonsumsi juga bisa lancar melewati proses pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit dan susah buang air besar (BAB).

Untuk mengetahui apakah tubuh kita kekurangan air putih atau tidak adalah dengan melihat warna urine kita. Jika warnanya bening dan tidak berbau maka konsumsi air putih sudah cukup. Namun sebaliknya jika berwarna keruh dan berbau maka itu pertanda bahwa tubuh kita kekurangan air putih.

Hal tersebut dikarenakan ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya, sehingga jika kondisi demikian dibiarkan berlarut-larut maka kesehatan ginjal kita yang akan terancam. Selain itu air putih juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker kandung kemih

3. Menjaga kesehatan kulit

Kekurangan konsumsi air putih dapat berdampak pada kesehatan kulit yaitu kulit yang terlihat tidak cerah, kering dan berkerut. Karena air putih juga bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menjaga kesehatan kulit kita.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang kuat akan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat karena mampu menangkal beragam penyakit yang datang menyerang. Air putih adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena dengan ketercukupan kadar air dalam tubuh maka akan dapat membawa oksigen ke sel-sel tubuh secara lancar dan membuang racun berbahaya dalam tubuh.

Tercukupinya kadar air dalam tubuh juga dapat membuat kita bisa lebih fokus dan konsentrasi, menghindarkan kita dari perasaan cemas, dan rasa kelelahan.

Perlunya Banyak Konsumsi Air ketika Demam


Saat terserang sakit demam, tentu hal yang dianjurkan adalah perbanyak minum air putih. Mengapa demikian, karena saat sakit, cairan di dalam tubuh bakal terkuras cepat sehingga sering terjadi dehidrasi.

Penjelasannya pun sangat mudah di mana ketika demam, insensible water loss kamu bakal meningkat sebanyak 2,5 ml/kg/hari per derajat kenaikan suhu tubuh.

Oleh karena itu pada saat demam, cairan tubuh akan terkuras sangat banyak, sehingga diperkirakan kebutuhan cairan di dalam tubuh meningkat sebanyak 10 persen. Oleh sebab itu manfaat air mineral bukan hanya mencegah orang untuk tidak sakit melainkan juga dapat membantu orang agar sembuh dari sakit.

Karena jika tubuh mengalami banyak kekurangan cairan, yang terjadi adalah tubuh akan terasa lemas dan pastinya sakit yang kamu alami akan memakan waktu lama proses penyembuhannya.

Begitu banyak manfaat air putih yang didapatkan sehingga kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin agar kita terhindar dari serangan berbagai penyakit apapun.

Karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda sehingga membutuhkan asupan air mineral yang berbeda pula. Selain jumlah yang harus dikonsumsi, memerhatikan kualitas air minum juga penting untuk kesehatan tubuh.


Untuk hal ini, pilihan paling tepat adalah mengonsumsi air mineral AQUA yang sudah lebih dari 45 tahun berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia.

AQUA secara aktif melindungi sumber air pegunungan untuk keseimbangan mineral terkandung yang terjaga dengan baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air berkualitas untuk tubuh yang terlindungi setiap hari.

Dengan segala kualitas tersebut, AQUA dapat menjadi partner Anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk tahu info lebih lengkap seputar kesehatan air putih bisa kunjungi www.sehataqua.co.id.